Berita / Utama

Lima Program Studi STEI ITB

habiburmuhaimin - Selasa, 20 Januari 2009, 20:13:34
BANDUNG, itb.ac.id - Senat Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menyetujui bahwa pada kurikulum 2008, STEI akan mengelola lima program studi. Program studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Tenaga listrik, dan Sistem & Teknologi Informasi menambah dua program studi yang telah ada sebelumnya, yaitu Program Studi Teknik Elektro dan Informatika. Sebelumnya di kurikulum 2006, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Tenaga Listrik merupakan kelompok keilmuan dari Program Studi Teknik Elektro, sedangkan Sistem & Teknologi Informasi baru ada kemudian di kurikulum 2008.

Penambahan tiga Program Studi baru tersebut telah disetujui oleh Senat ITB, MGB ITB, MWA ITB, dan dalam SK Rektor ITB NO. 268/SK/K01/OT/2008. Berbagai hal yang melaterbelakangi penambahan Prodi tersebut, diantaranya kesiapan STEI, baik fasilitas maupun dosen, untuk mengelola secara terfokus Prodi baru tersebut. "Secara de jure, Dari tahun 70-an Tenaga listrik dan Telekomunikasi telah memiliki fokus tersendiri. Namun, baru tahun ini secara de facto, keduanya akan berdiri sebagai program studi ," ujar Sigit Haryadi.

Pada hari Senin (19/1), diadakan pertemuan dengan mahasiswa STEI mengenai persiapan masa kuliah semester 2 tahun 2008/2009 dan penjelasan pengumuman No. 2299/K01.16.1/PP/2008 kepada mahasiswa tahap sarjana oleh masing-masing Ketua Prodi . Pengumuman tersebut dibuat dengan mempertimbangkan kepentingan (interest) mahasiswa dan memperhatikan dua hal, yaitu pengelolaan proses belajar-mengajar dan pencantuman nama program studi di ijazah mahasiswa yang terkait. Dijelaskan juga mengenai prosedur pindah program studi secara kolektif dengan mengisi form pada tanggal 2 Februari 2009.

Kegiatan organisasi kemahasiswaan STEI sendiri masih akan dalam naungan Himpunan Mahasiswa Elektro Teknik (HME) dan Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF). Begitupun dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) tidak akan berubah sebagaimana berbedanya NIM mahasiswa yang berbeda program studi.