Berita / Utama

MSDN Day: Microsoft "Show Off" Teknologi-Teknologi Terbarunya

asni jatiningasih - Minggu, 30 November 2008, 10:48:21
BANDUNG, itb.ac.id- Microsoft Innovation Center ITB bekerjasama dengan Microsoft User Group Indonesia (MUGI) dan Himpunan Mahasiswa Informatika ITB menyelenggarakan Bandung Microsoft Developer Network (MSDN) Day, Sabtu (29/11). Mengambil tempat di Wahana Bakti Pos, Bandung, MSDN Day menghadirkan hampir semua Microsoft Most Valuable Professional (MVP) dari seluruh nusantara bersama rekan-rekan dari komunitas yang memberikan update kepada para developer dan IT Pro di Kota Bandung.

Beberapa teknologi yang diumumkan diantaranya, untuk jalur developer,  Visual Studio Team System 2010, Windows Presentation Foundation 3.5 SP1, Silverlight 2.0, Internet Explorer 8, dan XNA Games Studio serta XBOX Development, sedangkan untuk jalur IT Pro,  Windows Azure, SQL Server 2008, Microsoft Virtualization 360 degrees, Windows Vista Deployment & High Performance Computing, dan Office Communication Server 2007 R2 Preview. Tidak lupa, ditampilkan juga Windows 7 sebagai teknologi terbaru Microsoft.

Dalam sesi Visual Studio Team System 2010 diperlihatkan bagaimana teknologi ini mendukung parallel programming untuk manajemen developer dengan hadirnya fitur projek manajemen, work item tracking, simple server reporting service, dan version control. Kemudian dijelaskan Visual Studio 2010 sudah mendukung analisis dan desain UML bukan hanya coding, compile, dan system.

"Developer bisa membuat arsitektur desain di Visual Studio 2010 yang sudah terintegrasi dengan UML," ujar Fuady Hidayat, salah satu  Microsoft Most Valuable Professional.

Dijelaskan juga bagaimana deployment tools memungkinkan frictionless transfers pada web projects dari mesin ke mesin dan bagaimana update desain  WYSIWYG (What-You-See-Is-What-You-Get) memungkinkan pengembangan berbasis standar. Visual Studio dan Microsoft .NET Framework membantu developer menghasilkan performansi yang lebih baik dan menghasilkan aplikasi-aplikasi yang scalable. Diperlihatkan .NET API, termasuk di dalamnya Task Parallel Library (TPL) dan Parallel LINQ (PLINQ) dan fitur baru pada debugger yang dapat dengan cepat mengidentifikasi  concurrency issues dan memvisualisasikan state internal pada aplikasi.

Pada sesi Windows 7, dijelaskan bahwa teknologi ini merupakan platform menggunakan sensor devices seperti sensor cahaya atau sensor GPS untuk menciptakan environmental  dan location awareness dalam program dan bagaimana menggunakan sensor untuk membuat program berfungsi optimal, lebih mudah digunakan, dan lebih awas terhadap lingkungan sekitar.