Berita / Akademik

National Innovation Contest 2008: Menciptakan Entrepreneur yang Berbasiskan Inovasi

David Samuel - Jumat, 21 November 2008, 11:26:53

BANDUNG, itb.ac.id - Pada hari Rabu (19/11), telah diadakan acara seminar "Become an Entrepreneur Based on Innovation" yang diadakan oleh HMM ITB, sebagai salah satu rangkaian dari acara National Innovation Contest 2008. Acara tahunan ini merupakan acara akbar yang menggabungkan kompetisi inovasi, seminar, dan pameran bertajuk inovasi berbasis teknologi.Pada seminar inovasi ini, hadir sebagai pembicara MulyoWidodo, salah satu staf dosen ITB yang merupakan pendiri dari beberapa perusahaan berbasis teknologi seperti PT.Robot Aero Indonesia, dan PT. Solare. Beliau adalah salah satu entrepreneur yang memiliki usaha yang sangat berkaitan erat dengan pengetahuan teknis yang dimilikinya. Widodo mengatakan bahwa sebenarnya menjadi entrepreneur berbasis ilmu pengetahuan merupakan hal yang paling dibutuhkan di Indonesia saat ini.

Hadir juga sebagai pembicara Presiden SKF Internasional, serta Ahmadi, salah seorang alumni Teknik Mesin ITB yang mendirikan sebuah perusahaan perkakas mesin yang sukses dalam mengembangkan usaha berbasis pengetahuan. Inti dari menjadi seorang entrepreneur adalah terus berinovasi, dan berusaha untuk menjadi
yang terdepan, serta fokus dalam mengerjakan usahanya.

Pada hari yang sama, juga diadakan acara yang telah ditunggu-tunggu oleh para peserta kompetisi National Innovation Contest 2008 yang sebagian besar adalah mahasiswa Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia, dan juga peserta dari tingkat SMA. Acara ini dibuka dengan paduan suara dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB, serta pertunjukan musik klasik oleh siswa SMA 3 Bandung. Setelah melalui tahap penjurian dan pameran mock up selama dua hari, tampil sebagai pemenang NIC 2008 untuk tingkat mahasiswa, tim Constient dari ITB dengan produk Eye-Aware Smart Surveillance Camera, juara dua adalah Tim dari UII dengan produk Kanopi motor, dan juara ketiga tim Walker ITB. Masing-masing pemenang berhak untuk mendapatkan hadiah berupa piala dan juga uang tunai masing-masing sebesar 18 juta, 10 juta, dan 7 juta rupiah.