Kampoeng MUSI, Sensasi Sehari di Palembang

Oleh prita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Seiring dengan perkembangan pariwisata di tanah air, program-program bertema visit Indonesia mulai didengungkan. Salah satunya adalah Visit Musi 2008 yang merupakan proyek Pemerintah Daerah Sumatera Selatan. Turut menyukseskan program ini, Masyarakat Bumi Sriwijaya (MUSI) sebagai Unit kebudayaan Palembang di ITB, mengadakan acara bertajuk ìKampoeng Musi yang menyajikan ragam kebudayaan daerah tersebut.
Ragam-ragam kebudayaan Sumatera Selatan digelar pada Sabtu (9/11) lalu di Lapangan Basket Campus Center Barat. Atribut-atribut kebudayaan seperti kain songket, mebel beserta ukiran khasnya, dan souvenir turut dipajang. Acara dibuka dengan penampilan tari Gending Sriwijaya yang dibawakan oleh anggota MUSI.

Berbagai jenis makanan khas mulai dari aneka pempek, kue-kue kecil, hingga martabak turut disajikan dalam stand-stand di pinggir lapangan. Disertai dengan workshop pembuatan pempek oleh salah satu pengisi stand, makanan khas Sumatera Selatan ini juga dibagikan secara gratis oleh panitia.

Selain sebagai promosi kebudayaan, acara yang didukung oleh Pemerintah Daerah Sumatera Selatan ini sekaligus sebagai sarana mempererat persaudaraan baik internal anggota MUSI maupun orang-orang perantauan dari Sumatera Selatan yang berada di Bandung. Dengan adanya acara ini, diharapkan agar budaya Sumatera Selatan lebih dikenal oleh masyarakat Bandung pada umumnya.

scan for download