Patient Counseling Event 2008: Seminar dan Final Lomba Konseling

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Patient Counseling Event (PCE) 2008 merupakan salah satu dari agenda kegiatan Himpunan Mahasiswa Farmasi "Ars Praeparandi". Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, tanggal 8 dan 9 November 2008. Hari pertama, acara diisi dengan seminar mengenai bagaimana melakukan konseling yang baik dan benar kepada pasien, dan diwaktu yang bersamaan dilaksanakan babak penyisihan lomba konseling untuk level beginner yang berlokasi di Ruang Galeri Utama 1 Campus Center Timur ITB . Hari ke dua dilanjutkan dengan kegiatan final lomba konseling untuk level beginner dan advance yang berlokasi di ruang 26, 28 dan 29 Campus Center Barat ITB .

Seminar PCE 2008 diikuti oleh 255 peserta. Hadir empat pembicara yang menjelaskan tentang faktor utama yang mempengaruhi konseling kepada pasien yaitu farmakoterapi, psikologi, komunikasi dan konseling pasien. Bagian farmakoterapi disampaikan oleh Dr. Lia Amalia, M.Si, konseling pasien oleh Dra. Jacinta Budiastuti, M.Si. Apt., komunikasi oleh Dra. Anis Sussieyani, dan psikologi pasien oleh Lisa Imelia Satyawan, S.Psi, M.Psi. Selain penyampaian materi juga diberikan demo bagaimana melakukan konseling yang baik kepada pasien. Seminar ini pun juga berfungsi sebagai pembekalan materi dasar untuk melakukan konseling dengan baik pada lomba konseling.

Seusai seminar, acara dilanjutkan dengan babak penyisihan lomba konseling untuk level beginner. Level ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai universitas di Indonesia dan dan meloloskan 15 orang ke babak final. Pada level beginner yang menjadi pesertanya ialah mahasiswa farmasi non-profesi umumnya mahasiswa tingkat 3 dan 4.

Final untuk lomba konseling baik untuk level beginner maupun untuk level advance dilaksanakan pada hari berikutnya. Level advance diikuti oleh mahasiswa program profesi farmasi atau apoteker. Kedua final level ini berlangsung terpisah. Final bagi level beginner berlangsung di ruang 28, level advance berlangsung di ruang 29 dan sebelum memasuki ruang tersebut peserta dikarantina di ruang 26 Campus Center Barat ITB. Setelah melalui penjurian yang ketat, juara 1 untuk level beginner diraih oleh Sekar Candra Dewi dari Universitas Sanata Dharma. Farmasi ITB meraih kemenangan melalui Kamelia Sri Maryanti yang merebut juara 2 level beginner. Juara ketiga level begginer diraih oelh Donal Tandiose dari Universitas Sanata Dharma. Untuk level advance, juara pertama diraih oleh Feri Dian Sanubari, S.Farm, sedangkan juara kedua diraih oleh Wijayanti, S.Farm dari universitas Muhammadiyah Surakarta dan juara ketiga diraih oleh Jimmy Tjahjono, S.Farm dari Universitas Katolik Widyamandala.

Juara pertama untuk tiap-tiap level mendapatkan hadiah berupa voucher senilai 200 euro untuk mengikuti 55th IPSF World Congress di Bali dan menjadi wakil Indonesia dalam International Patient Counseling Event. Juara kedua tiap level mendapatkan hadiah sebesar Rp. 750.000,- dan juara ketiga masing-masing level mendapatkan hadiah sebesar Rp. 500.000,-.

(Divisi Publikasi PCE 2008, Himpunan Mahasiswa Ars Praeparandi)


scan for download