Berita / Utama

KMPN ITB Pecahkan Rekor MURI

prita - Minggu, 19 Oktober 2008, 11:56:12
KMPNBANDUNG, itb.ac.id - Sebanyak 1280 pesawat kertas diterbangkan dalam rangka pemecahan Rekor MURI Menerbangkan Pesawat Kertas Terbanyak di Indonesia, pada Sabtu (18/10) pagi. Bertempat di lapangan Teknik Sipil ITB, acara yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan (KMPN) Otto Lillienthal ini diikuti oleh lebih dari 500 siswa-siswi SD Cisitu dan Plesiran. Turut diundang pula Direktur MURI, Jaya Suprana; Wakil Dekan dan Wakil Rektor; Perwakilan dari Garuda Indonesia dan Batavia Air; BEM UNPAD, UNIKOM, ITHB, UNPAR, dan UNISBA; serta perwakilan dari Keluarga Mahasiswa ITB dan Himpunan Mahasiswa.

Acara yang menjadi rangkaian dari Aeroexpo ini bertujuan mengenalkan dunia penerbangan kepada masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pesawat telah ada sejak dahulu, bahkan dari bentuk yang paling sederhana seperti dari kertas.

Rangkaian acara dimulai dengan mengajarkan cara membuat pesawat kertas kepada para peserta kemudian membentuk formasi persegi di tengah lapangan. Pemecahan rekor dilakukan dengan menerbangkan pesawat kertas tersebut secara bersamaan dan masing-masing peserta memegang 2 buah pesawat. Acara diakhiri oleh pemberian piagam dari MURI kepada KMPN yang diwakili ketuanya, Yunus. Selain memecahkan rekor nasional, penerbangan pesawat kertas ini juga berhasil memecahkan rekor dunia.