Lomba dan Pameran PLC: "New Trend in PLC and Wireless Automation"

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol Program studi Teknik Fisika pada hari Selasa(26/8) dan Rabu(27/8) mennyelenggarakan lomba, pameran, dan workshop yang bertemakan "New Trend in PLC and Wireless Automation". Sesuai dengan tema yang diambil, acara ini bertujuan meningkatkan kompetensi sumber daya nasional di bidang PLC(Programmable Logic Controller), khususnya mengenai pemrograman PLC itu sendiri.
PLC merupakan sistem yang dapat memanipulasi dan memonitor keadaan proses pada laju yang amat cepat,  dengan dasar data yang bisa diprogram. Ada tiga bagian pemrograman PLC yaitu statement list (skrip), logic gate, dan ladder. Setiap vendor PLC memiliki fasilitas yang berbeda dalam pemograman PLC, ada yang hanya menyediakan cara pemograman skrip saja, ada ketiga cara tersebut digunakan. Perlombaan kali ini merupakan pemograman PLC yang menggunakan ladder. PLC menerima input dan menghasilkan keluaran sinyal listrik untuk mengendalikan suatu sistem. Dengan demikian besaran-besaran yang dikendalikan sebelum diolah oleh PLC akan diubah menjadi sinyal listrik baik analog maupun digital. Karakter  proses yang dikendalikan oleh PLC  sendiri  merupakan proses yang sifatnya bertahap, yakni proses berjalan urut hingga mencapai kondisi yang diharapkan.

Sistem kontrol lain selain PLC yaitu Distributed Control System (DCS) yang mampu menangani proses-proses yang kontinyu  (continuous process). Pada umumnya PLC lebih murah dibandingkan DCS, tetapi perbedaannya DCS sudah memiliki HMI (Human Machine Interface) sedangkan PLC harus kita koneksikan dengan HMI lagi. Dunia industri sudah banyak menggunakan PLC, contohnya PT. Krakatau Steel. Pada Slab Steel Plant 2, PT. Krakatau Steel menggunakan PLC dalam pengontrol produksi baja slab.

Pada lomba PLC ini, terdaftar sekitar 123 kelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 2 orang peserta. Peserta diberikan problem yang harus diselesaikan menggunakan PLC Mitsubishi dengan CPU tipe Q02H dan perangkat lunak untuk pemrograman adalah GX Developer. Penilaian pada ajang ini dilihat dari apakah program dapat berjalan sesuai dengan problem yang diberikan, bagaimana efisiensi memory yang digunakan, statement dan comment setiap input dan output yang diberikan pada program, dan beberapa komponen yang lainnya. Peserta berasal dari universitas se-Indonesia, antara lain Universitas Komputer Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Kristen Maranatha, dan Politeknik Bandung.

Berlangsung bersamaan dengan lomba, di Labtek VI Program studi Teknik Fisika juga diadakan workshop pada 26 Agustus 2008 dan pameran PLC pada 26-27 Agustus 2008. Workshop dan pameran terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, tapi diprioritaskan bagi peserta lomba. Peserta LOMBA PLC 2008 otomatis terdaftar sebagai peserta workshop. Pameran PLC menampilkan beberapa stand perusahaanm seperti Mitsubishi Electric, Shneider-Electric, Wonderware, dan GE Fanuc.

scan for download