Berita / Utama

IOAA2 : Indonesia Raih Empat Emas

kristiono - Kamis, 28 Agustus 2008, 14:38:33

BANDUNG, itb.ac.id - Perhelatan akbar Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika (IOAA2) hasil kerjasama ITB, Depdiknas dan Pemprov Jawa Barat yang berlangsung sejak 19 Agustus lalu, Rabu (27/8) secara resmi ditutup oleh Dirjen Mandikdasmen Suyanto, mewakili Mendiknas Bambang Sudibyo yang berhalangan.

Kontingen India, meraih 2 emas, 2 perak, 1 perunggu, tampil sebagai Juara Umum (the best team), unggul atas 22 kontingen negara lain. Negeri Bolywood ini berhak atas predikat Juara Umum setelah salah satu pelajarnya, Nitin Jatin, berhasil menyandingkan gelar Absolut Winner (peraih total skor tertinggi) dan The Best Practical atas nama dirinya. Kategori The Best Theory diraih oleh Sayed Sadradini dari Iran.

Sepuluh pelajar Indonesia, tergabung dalam tim A dan tim B, secara total meraih 4 medali emas, 3 medali perak, 2 medali perunggu, dan 1 honorable mention. Medali emas Indonesia disumbangkan oleh Ridlo Wahyudi Wibowo, Lorenz da Silva, Ady Suwardi, dan Amar Kusuma.

Meskipun lebih banyak meraih emas, Indonesia tidak dinyatakan sebagai juara karena kriteria penilaian tim terbaik bukan didasarkan atas jumlah medali yang berhasil direbut suatu negara, melainkan dari 3 orang peraih nilai teori dan praktek tertinggi dari masing-masing tim. Tim A dan tim B asal Indonesia yang diketuai oleh Suryadi Siregar masing-masing menyumbang 2 medali emas.

Hasil ini lebih baik dibanding perolehan medali tahun lalu. Desember 2007, pada ajang yang sama yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, Tim Indonesia meraih 1 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika ini tidak hanya diisi dengan rangkaian perlombaan, tapi juga pameran dan kuliah umum. Salah satu kuliah umum, dibawakan oleh Prof. Ron Eckers, mantan presiden International Astronomical Union.

Selain disambut langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, para peserta lomba berkesempatan untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Raya Cibodas, Lembang dan beberapa tempat wisata lain.