Berita / Utama

Seminar Industri Kreatif Untuk Kesejahteraan Bangsa

David Samuel - Jumat, 4 April 2008, 05:40:40
Bandung, itb.ac.id – Bertempat di Aula Barat ITB, pada hari Rabu (2/3) diadakan seminar nasional Industri Kreatif untuk kesejahteraan bangsa. Pada seminar tersebut, Menteri Perdagangan RI Dr. Mari Elka Pangestu hadir sebagai pembicara kunci, dan dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, Msc. Seminar berskala nasional ini memiliki tujuan memajukan potensi industri kreatif yang akan meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan saling membangun jejaring kerjasama antara pihak-pihak yang terkait salam bidang industri kreatif.

Acara yang diadakan oleh Pusat Inkubator Industri dan Bisnis ITB ini juga dirangkai dengan pameran yang bertemakan industri kreatif dan pengumuman pemenang “Start Up Industry Proposal”, sebuah undangan bagi para entrepreneur muda untuk dapat mewujudkan jiwa wirausahanya, tentu dengan dukungan dari Pusat Inkubator Industri dan Bisnis ITB, selain itu juga untuk menciptakan entrepreneur yang dapat bertahan dalam menghadapi persaingan di masa depan.

Pada acara ini menteri perdagangan memberikan buku “Studi Industri Kreatif Indonesia 2007” kepada rektor ITB. Buku ini adalah buku pertama yang diterbitkan oleh Departemen Perdagangan RI. Pusat Inkubator Bisnis ITB juga meluncurkan sebuah buku berjudul “Industri Kreatif: Untuk Kesejahteraan Bangsa” yang berisi pendapat-pendapat dari para pakar ekonomi di Indonesia.

Beberapa pembicara dalam seminar ini adalah Rinaldi Firmansyah (Dirut Telkom), H. Dada Rosada (Walikota Bandung), Effendi Ghozali (pencetus ide republik BBM), Purwacaraka (praktisi industri musik), Budi Darmadi (Dirjen IATT Depperin), M. Ridwan Kamil (PT. Urbane Indonesia), Dr. Ir. Togar Simatupang (staf pengajar SBM ITB), dan Dr. Suhono Supangkat (Direktur Inkubator Industri dan Bisnis ITB).