Sehat bersama Kampanye ITB Sehat

Oleh

Editor -

Mahasiswa, selain disibukkan oleh kegiatan akademis juga disibukkan oleh berbagai kegiatan non-akademis. Sayangnya, seringkali hal itu tidak diimbangi oleh pola hidup sehat. Akibatnya banyak mahasiswa yang kondisi tubuhnya tidak fit, bahkan sakit. Oleh karena itu dirasa perlu dilakukan Kampanye ITB Sehat. Kampanye ini diadakan oleh Departemen Olahraga Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB. “Sehat yang dimaksud di sini adalah sehat secara fisik,” kata Raka Whisnu (Planologi 2004), Menteri Departemen yang bersangkutan. “Mahasiswa ITB ada sekitar 12.000 orang, tapi berapa sih yang rutin olahraga? Selama ini olahraga dianggap kurang penting, padahal itu sangat penting.”

Acara yang diketuai langsung oleh Raka ini terdiri dari dua acara. Pertama, talkshow dengan judul “Pola Hidup Sehat Ala Mahasiswa” yang akan diadakan pada tanggal 14 Februari 2008 di Ruang Seminar Campus Center ITB sayap Timur pukul 15.00-17.00. Sebagai pembicara adalah Dr. Johannes Cassay (ahli nutrisi dari Rumah Sakit St. Boromeus) dan Prof. Andreanus A. Sumardji (dosen Sekolah Farmasi ITB). Dalam talkshow yang diadakan secara gratis ini mahasiswa akan diberi tips bagaimana menyiasati banyaknya kegiatan dengan tetap menjalani pola hidup sehat.

Kedua, jogging bersama di Campus Center ITB, tanggal 15 Februari 2008 pukul 16.00-selesai. “Bohong kalau ada mahasiswa yang bilang nggak punya waktu buat olahraga. Kita kan punya Campus Center, jogging satu putaran di sana sore-sore harusnya bisa,” kata Raka lagi. Selain jogging, juga ada senam bersama Unit Lingkung Seni Sunda (LSS) ITB dan doorprize berupa voucher memakai kolam renang, lapangan basket, dan lapangan futsal Sabuga.

Kampanye ITB Sehat ini adalah yang pertama kalinya di ITB. Sebelumnya, Departemen Olahraga pernah mengadakan dua kampanye. Kampanye pertama adalah untuk memberi dukungan pada atlet-atlet Indonesia yang sedang berlaga di Sea Games, dan yang kedua adalah untuk mengajak mahasiswa ITB bergabung dengan unit-unit olahraga.

Raka mengajak seluruh mahasiswa ITB untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye ini.

scan for download