Kuliah Jarak Jauh SOI: Information Location and Internet

Oleh kristiono

Editor -

Bandung, itb.ac.id - Bertempat di Gedung TVST lantai 2, School of Internet (SOI) ITB menyelenggarakan rangkaian kuliah internasional jarak jauh tentang informasi lokasi dan internet yang dibawakan oleh Associate Professor dari Nagoya University, Dr. Eng. Nobuo Kawaguchi, Senin (21/01).
Kuliah yang berada dibawah naungan WIDE University dan SOI Asia, bertema Advanced Internet Technology IV : State of the Art Internet Technology.
Membahas mengenai informasi lokasi dan internet, Kawaguchi membagi kuliahnya dalam empat sesi pertemuan yakni teknologi lokasi nirkabel, prosesing informasi lokasi, komputasi P2P serta komputasi segala tempat dan teknologi plug and play. Setiap sesi berdurasi selama 2 jam, berlangsung sejak pukul 16.30-18.00 Waktu Standar Jepang (JST) atau 12.30-16.00 WIB.
Dalam kuliah sesi pertamanya, Kawaguchi antara lain menjelaskan perkembangan posisioning lokasi menggunakan teknologi wifi, sejarah dan karakteristik, serta database lokasi wifi. Pada intinya, pria penekun bidang mobile computing ini menekankan pentingnya perolehan informasi guna melacak keberadaan lokasi yang terjangkau. Selama ini perolehan informasi mengenai lokasi diperoleh dengan bantuan GPS.
Sayangnya, perolehan data lokasi dengan menggunakan GPS memerlukan biaya operasional yang cukup mahal. GPS juga kurang berfungsi baik di dalam ruangan. Dalam seri kuliah ini, Kawaguchi memperkenalkan teknologi perkiraan lokasi dengan memanfaatkan jaringan teknologi wifi. Menurut Kawaguchi sistem pencarian lokasi yang berbasis akses poin wifi selain lebih murah juga tetap dapat beroperasi dengan baik dalam ruangan. Teknologi ini juga dapat diterapkan dalam kendaraan seperti sepeda, sepeda motor dan mobil. Dari hasil penelitian, diketahui metode pencarian lokasi dengan teknologi wifi paling baik diterapkan di kendaraan sepeda. Prasyarat penerapan teknologi pencarian lokasi berbasis internet pada suatu wilayah/kota memerlukan dukungan infrastruktur access point (AP) teknologi wifi yang mencukupi.

scan for download