Berita / Utama

Acara Temu Orang Tua Mahasiswa Baru (ATOMB) ITB 2007

Jumat, 17 Agustus 2007, 19:21:46
Bandung.itb.ac.id - Penerimaan mahasiswa baru bukan merupakan suatu hal yang baru di perguruan tinggi. Begitu juga dengan ITB, penerimaan mahasiswa baru ITB atau yang lebih dikenal dengan PMB ITB adalah agenda tahunan. Tahun ini, PMB ITB 2007 mengusung tema “Formulasi Karakter Mahasiswa sukses Kuliah di ITB” yang diselenggarakan dari tanggal 11-18 Agustus. Lebih dari seminggu kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menggembleng mahasiswa baru agar siap menghadapi perkuliahan di ITB nantinya.

Walaupun rangkaian acara PMB ITB terbilang cukup padat, namun dengan berbekal semangat, mahasiswa baru tampak antusias mengikuti rangkaian acara PMB ITB. Mahasiswa baru ITB tahun 2007 berjumlah 3014 orang. Dalam kegiatan ini mereka (mahasiswa baru red) di bagi dalam beberapa kelompok atau gugus secara acak. Dengan pengelompokan ini diharapkan mahsiswa baru dapat lebih banyak mengenal mahasiswa dari jurusan lain.

Tidak hanya mahasiswa baru yang diperkenalkan dengan ITB pada PMB ini. Orang tua mahasiswa baru pun turut terlibat dalam PMB ITB. Acara temu orang tua mahasiswa baru, yang disingkat dengan ATOMB (Kamis,16/07) merupakan wadah untuk orang tua mahasiswa agar dapat lebih mengenal program pendidikan putra/putrinya. Sesuai dengan visi dan misi IOM-ITB, terciptanya sinergi antara ITB dan orang tua untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaiakan pendidikannya serta membentuk anak bangsa yang cerdas, tangguh dan berakhlak mulia. ATOMB ITB ini dibagi dalam 2 tahap. Tahap pertama merupakan ATOMB ITB pusat (pukul 07.00-12.30 WIB), sedangkan yang kedua adalah ATOMB ITB fakultas/sekolah
.
ATOMB pusat dilaksanakan di Audiotorium Sabuga dengan beberapa rangkaian acara di dalamnya. Sambutan rektor ITB, Prof. Dr. Ir. H. Djoko Santoso, M.Sc adalah acara pertama dari ATOMB ITB. Penjelasan tentang sistem penerimaan mahasiswa baru dan penjurusan ITB disampaikan oleh wakil rektor senior bidang akademik, Prof. Dr. Ir. Adang Surahman, M.Sc. Penjelasan tentang kegiatan kemahasiswaan dan kealumnian dijelaskan oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, Dr. Ir. Widyo Nugroho. Penjelasan tentang penjaminan mutu dan target mutu ITB disampaikan oleh Dr. Ir. Deny Juanda P. Dengan adanya penjelasan inilah, orang tua mahasiswa mengetahui informasi pendidikan dan pelayanan ITB yang akan diperoleh putra/putri mereka secara umum.

ATOMB ini pun mendapat tanggapan yang baik dari orang tua mahasiswa. “Acara temu orang tua mahasiswa ini sangat bagus, kita bisa mengetahui informasi mengenai ITB”, kata salah satu orang tua mahasiswa. Saat dikonfirmasi kepada salah satu orang tua mahasiswa mengenai IOM, mereka mengatakan belum mengetahui secara jelas program keseluruhan dari IOM. “Selama bisa mewadahi hubungan orang tua mahasiswa dan ITB, saya sangat setuju”,ungkap salah satu orang tua mahasiswa.