The 4th KAGI21 International Summer School

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Bandung, itb.ac.id-Sejak hari Minggu (22/07) hingga Jum’at mendatang (03/07) Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral ITB (FIKTM–ITB) menggelar kegiatan tahunan yang bekerjasama dengan Kyoto University, yaitu “4th KAGI21 International Summer School” di ITB. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Kyoto University Active Geosphere Investigations for the 21st Century Center of Excellence Program (KAGI21), sebuah proyek kerjasama FIKTM-ITB dan Kyoto University setelah penandatangan MoU pada tahun 2003.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan multidisiplin baru untuk pengetahuan kebumian yang memfokuskan pada proses fisik dan kimia yang meliputi dalam “Active Geosphere”. Kegiatan ini menjaring mahasiswa pasca sarjana dan ilmuwan muda dari Asia dan Oseania. Jumlah peserta hanya dibatasi sebanyak 40 orang, dari Indonesia 10 orang dan 30 orang dari negara lain.
Kegiatan ini berisi beberapa materi seperti ‘Geodesy, as a Tool for Investigating the Active Geosphere’ (Y.Fukuda), ‘Elastic Waves, Earthquakes, and Earth Structure’ (K.Kuge), ‘Mesoscale Meteorology and Short-Range Prediction in Tropics’ (T. Satomura), ‘Advanced Observations Techniques of the Active Geosphere’ (T.Tsuda), ‘Tectonic Geomorphology and Paleoseismology at Plate Convergent Margins’ (H. Tsutsumi), ‘Introduction to Geophysical Fluid Dynamics’ and ‘Global Warming and Climate Change’ (S. Yoden). Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan “The 10th Kyoto University International Symposium: Active Geosphere Science” pada tanggal 26, 27 dan 28 Juli 2007 di ITB.

scan for download