Berita / Utama

Hari Kedua Forum Rektor Indonesia

Rabu, 18 Juli 2007, 23:20:07
BANDUNG, itb.ac.id - Forum Rektor Indonesia memasuki hari kedua pada Selasa (17/7). Acara dimulai pada pukul 09.00 wib dengan agenda Sidang Paralel Komisi. Sidang yang dibagi ke dalam 4 komisi, masing-masing membahas 4 tema yang berbeda.
Komisi 1 bertempat di Aula Barat membahas tema Sosial & Budaya dan Ekonomi. Sidang Komisi 1 menghadirkan pembicara Prof.Dr.Irwan Abdullah,MA. dari Universitas Gajah Mada dan Dr.Sonny Harry B. Rahmadi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Komisi 2 bertempat di Ruang Multimedia 9311 membahas tema Politik dan Hukum & Aparatur Negara. Sidang Komisi 2 menghadirkan pembicara Prof.Dr.Didi Turmudzi,M.Si dari Universitas Pasundan dan I Ketut Rai Setiabudhi,SH.,MS. dari Universitas Udayana.
Komisi 3 bertempat di Aula Timur membahas tema Ilmu Pengetahuan & Teknologi, Sarana & Prasarana, dan Pertahanan & Keamanan. Sidang Komisi 3 menghadirkan pembicara Prof.Dr.Ir.Djoko Santoso,M.Sc. dan Prof.Dr.Ir.Lilik Hendradjaja,M.Sc. dari Institut Teknologi Bandung.
Komisi 4 bertempat di Ruang Auditorium Campus Center Timur membahas tema Wilayah & Tata Ruang, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup. Sidang Komisi 4 menghadirkan pembicara H. Amiruddin A. Dajaan Imamie,SH.,MH. dari Universitas Padjajaran dan Prof.Dr.Ir.Ananto Yudono,M.Eng. serta Dr.Ir.Adri Said,M.Sc. dari Universitas Hasanuddin.
Usai Sidang Paralel Komisi, dilanjutkan dengan Sidang Pleno Laporan Tim Perumus dan Rangkuman Rekomendasi. Sidang ini dipimpin oleh Dr. Achmad Sjarmidi selaku ketua dan Drs. Jasraf Piliang,MA. selaku sekretaris. Sidang ini dihadiri oleh seluruh moderator dan sekretaris masing-masing Komisi serta Panitia Konvensi. Acara ini mengakhiri rangkaian acara Konvensi Kampus IV.
Kemudian acara dilanjutkan dengan Temu Tahunan ke-10 bertempat di Aula Barat. Sidang dimulai dengan Pertanggungjawaban Pengurus FRI 2006-2007 oleh Prof. Sofian Effendi, MPIA. selaku Ketua FRI periode 2006-2007. Kemudian serah terima jabatan Ketua FRI periode 2006-2007, Prof. Sofian Effendi, MPIA. kepada Prof.Dr.Ir. Djoko Santoso, M.Sc. selaku Ketua FRI periode 2007-2008. Setelah itu dilanjutkan dengan Pengesahan Dewan Pertimbangan FRI periode 2007-2008. Kemudian Prof.Dr.Ir. Djoko Santoso,M.Sc. didampingi oleh Dr.Ir. Widyo Nugroho Sulasdi memaparkan Program Kerja FRI periode 2007-2008 dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua FRI Periode 2008-2009. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Prof.Dr. Edy Suandi Hamid. M.Ec., terpilih menjadi Ketua FRI periode 2008-2009. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi FRI (lihat berita Deklarasi Forum Rektor Indonesia Tahun 2007, red.) dan secara resmi Acara Temu Tahunan ke-10 ditutup oleh Rektor ITB.