Dunia Kimia Anak bersama Drs. Hiskia Ahmad

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Bandung, itb.ac.id-Dalam rangkaian acara Indochem Extragavanza 2007 lalu, Drs. Hiskia Ahmad berkesempatan mengajarkan kimia kepada anak-anak. Acara yang bertajuk “Dunia Kimia Anak” tersebut berlangsung hari Sabtu (14/07) di Laboratorium Kimia Dasar-Basic Science B ITB. Acara ini bertujuan
memberikan pengetahuan kimia kepada anak-anak (siswa SD dan SMP) sejak dini. Anak-anak diberikan kesempatan menyaksikan secara langsung demo-demo kimia praktis yang sangat menarik dan mencobanya sendiri di bawah bimbingan Drs. Hiskia Ahmad.
Drs. Hiskia Ahmad mengajak anak-anak yang hadir untuk menyukai ilmu sains, terutama Kimia. Beliau mempraktekkan berbagai macam reaksi kimia sederhana yang menghibur dan menggunakan alat-alat sederhana. Salah satu staf pengajar Kimia yang telah pensiun sejak 1 Juli 1998 ini memimpin demo kimia Warna Biru yang Hilang, Jagung Bunga, Reaksi Eksoterm-Endoterm, Telur ke dalam Botol, dan sebagainya.
Peserta anak-anak yang hadir terlihat antusias mengikuti setiap demo kimia. Setiap anak pun tidak takut untuk mencoba setiap percobaan dan menunjukkan rasa ingin tahu yang besar. Suasana yang santai membuat mereka betah “bermain-main” dengan zat-zat kimia yang dipakai dalam tiap demo kimia. Tak hanya mengajak anak-anak bermain, Hiskia juga memberikan pengetahuan-pengetahuan kimia sederhana. “Jadi, ingat ya..gigi kita juga mengandung fosfor maka harus dirawat dengan baik,”tutur beliau.
Kegiatan yang diikuti oleh anak-anak dosen Program Studi Kimia ini berlangsung selama tiga jam. Anak-anak yang hadir tampak puas dengan kegiatan ini. Hiskia Ahmad pun sangat terkesan dengan anak-anak yang hadir, karena kebanyakan dari mereka bisa mengikuti demo dengan baik dan antusias. Akan tetapi, beliau menyayangkan kesiapan panitia acara yang lebih memilih menyediakan zat-zat kimia sisa untuk acara ini. „Jika zat-zat yang dipakai hari ini adalah zat baru, saya yakin acara hari ini akan lebih bagus lagi,“ ungkap pria yang telah berusia 72 tahun ini.

scan for download