ICEEI 2007: Pertemuan Akademisi TEknik Elektro dan Informatika

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Bandung, itb.ac.id- International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICEEI) 2007 hari ini resmi berakhir. Konferensi yang menjadikan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menjadi tuan rumah bersama Universiti Kebangsaan Malaysia ini diketuai oleh Dr. Suwarno, salah satu staf pengajar KK Teknik Ketenagalistrikan STEI-ITB. Konferensi ini bertujuan untuk menyediakan wadah atau forum bagi peneliti-peneliti, ilmuwan dan insinyur dari seluruh dunia untuk bertukar ide dan mendiskusikan kemajuan terkini dari seluruh bidang teknik elektro dan informatika, dari ilmu dasar hingga aplikasi prakteknya.
Konferensi yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut mulai hari Minggu hingga Selasa (17/06-19/06) telah menghadirkan presentasi dari para insinyur elektro dan informatika dari Jepang, Perancis, Belanda dan mayoritas dari Malaysia serta Indonesia. Sebanyak 118 makalah telah dipresentasikan dan 164 makalah dibuat menjadi poster dalam poster session di Aula Barat. Cakupan keilmuan yang dibahas dalam konferensi ini adalah Power Engineering, Telecommunication, Control engineering, Information Technology, Electronics, Informatics, Data Base and Software Engineering, Biomedical Engineering and Computer Engineering. Delapan bahasan ini terjabarkan dalam beberapa topik seperti Sistem Tenaga dan Energi (Power Systems and Energy), Mesin Elektrik (Electrical Machines), Aplikasi Tenaga Elektronik dan Industri (Power Electronics & Industry Applications), Sistem Komunikasi (Communication Systems),Komunikasi Satelit (Satellite Communication), Teknologi Penyiaran (Broadcasting Technology), Sistem Sensor dan Telemetri (Sensors and Telemetry System), Komunikasi Nirkabel dan Aktif (Wireless and Mobile Communication), Aplikasi Teknologi Informasi (Information Technology Application), Bioinformatika dan Telemedis (Bioinformatics and Telemedicine), Biomekanik dan Teknik Rehabilitasi (Biomechanics and Rehabilitation Engineering), dan sebagainya.
Penutupan ICEEI 2007 berlangsung pukul 16.30 WIB di Aula Barat dengan pidato kesan dan pesan dari penyelenggara dan wakil peserta.
Poster Session berlangsung hari Selasa (19/06) selama dua jam saja dengan ukuran panel 200x100 cm. Kebanyakan poster yang dipajang hanya berukuran kertas A2 dan berwarna-warni. Pada hari yang sama pula penutupan ICEEI digelar pukul 16.30 WIB. Penutupan menghadirkan kesan dan pesan dari penyelenggara, wakil komite dan peserta. Seorang peserta dari Pakistan, Prof. S. Aftab Qureshi menyatakan gembira bisa datang ke Indonesia dan mengikuti konferensi ini. "Keramahan tuan rumah membuat saya merasa senang mengikuti konferensi dan saya akan datang lagi di konferensi tahun 2009," ujar beliau disambut tepukan meriah dari para peserta.




scan for download