Berita / Utama

Guest Lecture "Microseismic for Mining and Geotechnical Application"

Selasa, 1 Mei 2007, 13:21:34
Bandung, itb.ac.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika “TERRA” mengadakan guest lecture “Microseismic for Mining and Geotechnical Applications” (sabtu, 28/04). Pukul 09.00 WIB acara ini pun dimulai, diawali dengan pembukaan oleh ketua panitia. Bertempat di gedung Oktagon ruang 9020, acara menghadirkan 2 pembicara dari PTFI, PT Freeport Indonesia ; Mahdi Bayuargo, Department Underground Geotechnical PTFI dan Sari Esayanti, Divisi Komunikasi PTFI.

Jumlah peserta Guest lecture ini dibatasi hingga 150 orang, sehingga banyak yang menjadi waiting list dan bahkan tidak bisa mengikuti acara tersebut karena kondisi yang demikian. Ternyata animo yang ingin mengikuti guest lecture ini cukup besar.

Guest lecture ini dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama dan kedua disampaikan oleh Mahdi Bayuargo dengan topik Pembukaan dan Metode Penambangan Bawah Tanah di PTFI serta Metode Mikrosesmik dan Aplikasinya di PTFI. Sedangkan untuk sesi ketiga disampaikan oleh Sari Esayanti dengan tema PT Freeport Indonesia, Gambaran Umum, dan Program Pembangunan Berkelanjutan.

Mahdi Bayuargo pada sesi pertama memaparkan bagaimana metode panambangan bawah tanah dilakukan oleh PTFI. Pemaparan diberikan dalam bentuk audio visual sehingga membuat peserta lebih mengerti dengan apa yang disampaikan. Apalagi sebagai pembicara Mahdi Bayuargo sangat atraktif dan humoris yang tidak membuat peserta bosan. Pada guest lecture ini peserta ada yang mendapatkan hadiah dari pembicara karena dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pembicara. Namun yang menarik dari ini adalah hadiah yang diberikan pembicara berupa benda khas yang dibawa langsung dari Irian Jaya. Pengenalan seismologi, monitoring mikroseimik PTFI serta kegunaannya, cara kerja mikroseismik juga menjadi bahasan yang dijelaskan pembicara secara gamblang.

PTFI yang menjadi sponsor tunggal dalam acara ini ambil bagian dengan diputarkannya film mengenai PTFI dari awal berdirinya dan hubungannya terhadap masyarakat sekitar. Pemutaran film ini dilakukan pada sesi ketiga dan menjadi penutup rangkaian acara guest lecture TERRA ini (himpunan mahasiswa teknik geofisika red)