Berita / Utama

Pameran Foto Lustrum XI IMA-G

Muhammad Arif - Sabtu, 28 April 2007, 14:55:45
Ikatan Mahasiswa Arsitektur-Gunadharma ITB (IMA-G) menggelar rangkaian acara dalam memperingati Lustrum XI IMA-G mulai tanggal 16 April-5 Mei 2007. Peringatan Lustrum kali ini membawa tema gaya hidup dan arsitektur. Acara-acara yang digelar antara lain lomba foto arsitektur dan gaya hidup (16-24 April 2007), talkshow (27 April 2007), seminar dan pameran.
Pameran diselenggarakan di tiga tempat sekaligus, yaitu Cihampelas Walk (27 April 2007), Galeri Utama Campus Center Timur (hari Kamis-Sabtu, 26-28 April 2007) dan Galeri Arsitektur ITB (29 April-5 Mei 2007). Pameran yang digelar memajang karya-karya arsitektur yang berkaitan erat dengan gaya hidup, seperti cihampelas walk, restoran, dan sebagainya. Karya-karya yang ditampilkan berupa lay-out design dari Ikatan Arsitek Jawa Barat, Arkonin, Sonny Sutanto, LABD, PT. Airmas Sari, dan lain-lain. Yang menarik ialah paparan Artepolis mengenai permasalahan gaya hidup dan arsitektur di Bandung. Selain itu, ada pula informasi mengenai bahan-bahan tambang yang ada pada bangunan oleh PT. Arutmin.
Karya foto yang menjuarai lomba foto juga dipajang di pameran ini. Karya Nofria Doni Fitri yang berhasil menangkap bangunan lama sebagai tempat latihan papan luncur berhasil menjuarai lomba foto tersebut. Karya yang memperlihatkan cekungan sebuah gedung tua tanpa atap dan keriaan anak-anak SLTP yang bermain papan luncur jelas menunjukkan kekuatan, keakuratan dan keindahan momen tersebut. Hasil jepretan Yohanes Christianto sebagai juara 2 sebaliknya, menangkap keruwetan bangunan kumuh di sepanjang sungai Cikapundung. Juara 3 (Basuki Firmanto), Juara harapan 1 (Yosi Samsul M., Juara harapan 2 (Kinkin Panentho) turut pula dipamerkan. Sayangnya, asal fotografer dan lokasi pemotretan tidak disebutkan dalam pameran tersebut.