Berita / Akademik

Kuliah Tamu Teknik Geofisika

Minggu, 18 Maret 2007, 13:40:41
Bandung, itb.ac.id – Teknik Geofisika kembali mengadakan kuliah tamu “Interpretasi Seismik Refleksi” pada Sabtu (17/3) yang mendatangkan Dr. Stephen Scott Murray dari Conoco Philips sebagai pengajarnya. Kuliah tamu ini bertempat di ruang kuliah S1 Teknik Geofisika dengan durasi kuliah sekitar tiga jam, dari pukul 09.00 WIB. Berbeda dengan kuliah tamu lainnya, kuliah tamu Teknik geofisika ini diadakan secara berkala dua minggu sekali.

Saat dikonfirmasi ke ketua prodi Teknik Geofisika, Dr. Darharta Dahrin mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertinggi kompetensi lulusan serta meningkatkan sumber daya manusia di bidang kebumian.

Sampai saat ini peserta kuliah tamu masih diperuntukkan bagi mahasiswa Teknik Geofisika, tapi tidak menutup kemungkinan terbuka untuk umum. ”Kuliah tamu Interpretasi Seismik Refleksi ini memang dikhususkan kepada mahasiswa Teknik Geofisika tapi mahasiswa lainpun boleh mengikutinya dengan syarat telah mengenal seismik refleksi agar memudahkan memahami materi,” ungkap Dr. Darharta Dahrin di ruang kerjanya.

Diakui dengan diadakannya kegiatan ini banyak membantu mahasiswa dalam belajar interpretasi seismik, karena pada kuliah tamu ini disampaikan beberapa bahasan yang dalam kuliah sehari-hari tidak disampaikan oleh dosen. Keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah sekaligus belajar bahasa inggris karena pengajar menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. “ Kuliah tamu ini menambah pengetahuan dan dapat native speaker inggris gratis,” ujar salah seorang mahasiswi yang mengikuti kuliah tamu ini.

Dalam waktu dekat, rencananya Teknik Geofisika akan menambah kuliah tamu “Petrofisik”. Masalah kapan, dimana dan pengajarnya siapa, Dr Darharta Dahrin belum dapat memastikannya