Berita / Akademik

Kuliah Tamu dari Jerman, Food Preservation

Muhammad Arif - Selasa, 6 Maret 2007, 19:35:38
Sekolah Farmasi (SF) mengadakan kuliah tamu bertajuk “An Overview of Food Conservation” hari Selasa, 6 Maret 2006 di ruang Edukatorium SF. Kuliah tamu ini menghadirkan Prof. B. Bisping, seorang profesor dari divisi Food Microbiology Departemen Kimia Universitas of Hamburg, Jerman. Kuliah tamu ini membahas pengawetan makanan dan pemeliharaan makanan dari mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Kuliah ini banyk dihadiri oleh mahasiswa sarjana dan pascasarjana SF.
Profesor Bisping memaparkan berbagai jenis mikroorganisme yang ada dalam makanan. Mikroorganisme seperti ‘Salmonella sp’, ‘Pseudomonas sp’, ‘Bacillus mesenteroides’ termasuk mikroba berbahaya bagi kesehatan jika jumlahnya melebihi toleransi. Untuk menghilangkan keberadaan mikroba berbahaya, perlu danya pengawetan makanan. Pengawetan makanan dapat dilakukan dengan mengatur suhu, pH dan waktu sterilisasi yang sesuai untuk mematikan mikroba yang ada. Proses pengawetan dapat dilakukan dengan pengasaman, penggaraman, pengasapan dan radiasi.
Ion perak pun ternyata dapat digunakan untuk membunuh mikroba. “Masukkan saja ion perak ke dalam air minum Anda, tunggu setengah jam dan air itu pun bebas dari mikroba,” tutur Prof Bisping dalam bahasa Inggris yang jelas. Profesor Bisping hari itu menjelaskan hasil penelitiannya dengan menunjukkan data-data berupa daftar jumlah mikroba, pengaruh suhu terhadap pertumbuhan mikroba, senyawa-senyawa kimia yang digunakan dalam proses pengawetan, dan sebagainya. Kuliah berlangsung intens dan kondusif karena Profesor Bisping kerap kali melontarkan joke-joke segar dalam bahasa Indonesia. Beliau bahkan menutup kuliah tersebut dengan kalimat “Hatur nuhun sangat,” yang disambut tawa para peserta kuliah.