Berita / Utama

Free IT Saturday Lesson : Opensolaris

Rabu, 31 Januari 2007, 16:46:02
Sabtu (27/01) lalu Comlabs bekerja sama dengan pihak Opensolaris menggelar Free IT Saturday Lesson. Acara ini merupakan tindak lanjut dari request publik akan operating system yang mudah diakses oleh masyarakat umum. Tak heran bila peserta acara ini memang lebih banyak dari biasanya, sehingga pihak panitia membagi ke dalam 2 sesi. Acara yang bertempat di Ruang Multimedia Comlabs ITB ini, seharusnya sudah dilaksanakan sejak akhir tahun lalu, tapi untuk koordinasi dan persiapan yang lebih matang akhirnya baru dapat dilaksanakan pada Januari tahun ini.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan membahas perkembangan Solaris dari awal hingga saat ini. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan operating system Solaris 10. Operating system ini memang mulai diperkenalkan kepada umum setelah sebelumnya telah banyak digunakan oleh sebagian besar corporate di dunia. Proses sosialisasi Opensolaris memang dimulai dari atas dan kemudian merambah ke komunitas, berbeda halnya dengan Linux. Dalam usahanya memperkenalkan Opensolaris, acara ini dipandu oleh engineer handal yang memang telah turut mengembangkan Solaris 10.

Apakah Opensolaris nantinya akan mulai merambahi setiap komputer di lingkungan kampus? Hal ini belum bisa dipastikan oleh pihak Opensolaris, namun pihak Opensolaris akan selalu siap bila ada request dari publik. Tapi, pihak Opensolaris akan selalu meng-update setiap perkembangan operating system ini kepada publik. Hal ini didasarkan pada pernyataan salah satu pihak Opensolaris yang menyatakan bahwa acara kali ini hanya sebuah permulaan dan ke depannya akan terus diadakan training-training lainnya berkaitan dengan Solaris 10 dan Opensolaris.