PS ITB Futsal Challenge, Tim ITB Gagal Rebut Juara

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Dunia olahraga ITB mulai menggeliat bulan ini. Setelah pembukaan Olimpiade ITB yang berlangsung beberapa waktu lalu, Persatuan Sepakbola ITB turut menggelar kompetisi futsal antar perguruan tinggi. Acara yang bertajuk “PS ITB Futsal Challenge” ini digelar tanggal 15-21 Januari 2007. Kompetisi futsal yang mengundang tim-tim futsal dari perguruan-perguruan tinggi nasional ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna ITB.
Kompetisi ini diikuti oleh tim futsal putra dari UPI, UIN, ITENAS,UNIKOM, YPKP, UNISBA, UNPAS, UNPAD dan tim PS-ITB mewakili tim tuan rumah. Tim futsal putra bertanding dalam dua grup selama babak penyisihan, yaitu grup A dan B. Tim ITB bermain dalam dua tim, tim ITB-A yang bertanding di grup A dan tim ITB-B di grup B. Sementara itu, kompetisi futsal putri diikuti oleh tim dari UNPAD, UPI, UNIKOM, UI dan ITB. Tim futsal putri bermain dalam satu grup saja tapi persaingan antar tim sangat ketat. Menariknya, dua kontingen tim telah kehilangan poin sebelum pertandingan resmi dimulai. Tim UPI dan UIN kehilangan poin 3 karena tidak hadir pada acara pembukaan.
Akhir babak penyisihan membawa tim ITB-A menjadi runner up grup A, di bawah tim UPI sebagai juara grup. Dua tim ini sebenarnya memiliki poin yang sama (12) tapi tim ITB-A kalah poin aggregat yaitu 17-8 untuk ITB, sementara poin aggregat 24-44 untuk UPI. Pada grup B, tim ITB-B kalah dalam dua pertandingan berturut-turut sehingga hanya memperoleh poin 0. Juara grup B diraih tim UNPAD dengan tim UIN sebagai runner up-nya. Dengan demikian, babak semifinal putra mempertandingkan tim UPI vs tim UIN dan tim ITB-A vs tim UNPAD.
Harapan tim ITB untuk meraih gelar champion pupus saat dikalahkan tim UNPAD (2-4) pada babak semifinal. Tim UNPAD melaju ke babak final melawan tim UPI yang berhasil mengalahkan tim UIN. Belum hilang kekecewaan akan hasil semifinal, tim ITB pun kalah pada pertandingan perebutan juara ketiga melawan tim UIN (2-4). Gelar juara futsal putri pun terlepas dari tim futsal putri ITB, karena kalah poin dari tim UPI dan UNPAD.
Dua tim besar UPI dan UNPAD yang mendominasi kompetisi PS ITB Futsal Challenge baik putra maupun putri, akhirnya bertemu pada babak final. Babak final futsal putri dan putra berlangsung sangat ketat dengan tempo permainan yang cepat. Masing-masing tim bermain dengan sangat baik, dari segi teknis dan kerjasama tim. Pertandingan yang berlangsung selama satu jam saja, akhirnya membawa tim UNPAD putra dan tim UPI putri sebagai champion PS ITB Futsal Challenge.

scan for download