Graphic Art Exhibition

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Sebuah pameran bertajuk “Graphic Art Exhibition” digelar di Galeri Soemardja FSRD. Pameran ini diadakan hari Senin-Kamis, 22-25 Januari 2007. Pameran yang menampilkan karya-karya desain grafis ini diikuti oleh belasan mahasiswa desain grafis.
Media yang dipakai pada pameran ini sangat beragam, mulai dari digital print, charcoal, silkscreen, woodcut. Pameran ini tidak mengambil satu tema tertentu dan tidak seperti biasanya, tanpa kurator. Karya-karya dalam pameran ini bercerita banyak hal, seperti budaya, humanis, lingkungan dan kritik sosial. Pameran ini tampaknya sengaja digelar pada alih semester untuk menggiatkan lagi kegiatan seni di Galeri Soemardja. Selain itu, meggiatkan mahasiswa seni rupa dan desain untuk menampilkan karya-karya mereka.
Beberapa karya yang menarik antara lain video art berjudul “Jackie vs Chan” dan “Bonnie n Child” karya Irine Stephanie, ada juga karya Anastasia Budi yang mengangkat tema selamatkan alam berjudul “S.A.V.E” serta gambaran suram suasana Perang Teluk lewat image Saddam Husein dan George Bush karya Hilmi Fabeta. Karya yang mengandung unsur tradisi juga hadir melalui seni grafis dalam buku seperti “Gunung Semeru” karya Anna Josefin, yang menceritakan legenda terbentuknya gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, serta “Legend of Sangkuriang” karya Asri Dwi L. Karya yang tak kalah menariknya ialah karya grafis dalam buku yang menggambarkan sebuah kitab kuno berjudul “Love and Grace for The Fallen Soul” oleh Andro M.M. Napitupulu.

scan for download