Bumi Medika Ganesha

Oleh

Editor -

Pelayanan kesehatan bagi civitas akademika ITB merupakan wujud pembangunan kesehatan bersama dalam mencapai kehidupan yang optimal. Hal ini selaras dengan tujuan umum Bumi Medika Ganesha (BMG) yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Hal ini penting agar masyarakat, khususnya civitas akademika ITB, dapat terjaga kesehatannya sehingga mendukung proses belajar-mengajar dan kesejahteraan.

Pelayanan kesehatan di BMG disediakan untuk umum, khususnya eksekutif, staf, mahasiswa, dan pensiunan ITB. Untuk eksekutif dan staf, termasuk istri / suami dan 2 anak, sedangkan untuk pensiunan termasuk istri / suami. Mereka berhak memanfaatkan subsidi kesehatan yang telah dianggarkan ITB. Pelayanan kesehatan pun dapat diterima dengan hanya membayar biaya administrasi sebesar lima ribu rupiah. Pelayanan tersebut gratis selama masih memenuhi subsidi per tahun yang diberikan, yaitu sebesar Rp 100.000,- untuk laboratorium, dan Rp 300.000,- untuk obat.

Pelayanan kesehatan yang disediakan oleh BMG:
- praktik dokter umum
- praktik dokter gigi: perawatan, pencegahan, pengobatan, dan kosmetik.
- praktik dokter spesialis: penyakit dalam, mata, radiologi, dan anak.
- praktik keluarga berencana
- pemeriksaan rontgen dan EKG
- pembuatan surat keterangan sehat (SKS)
- pemeriksaan laboratorium klinis (bekerja sama dengan Laboratorium Klinis Prodia)
- penyediaan obat melalui Apotek Bumi Medika Ganesha
- informasi / konsultasi obat terjadwa di Apotek BMG
- praktik akupuntur

Sumber daya manusia yang menangani pelayanan kesehatan di BMG merupakan tim manajemen, dokter, perawat, akunpunturis, teknisi, apoteker, asisten apoteker, dan tenaga adimistrasi yang handal. Untuk tenaga kesehatan, memiliki sertifikasi yang baik. Untuk dokter yang praktik di BMG, memiliki izin praktek di BMG yang merupakan salah satu tempat praktek dari tiga tempat praktek yang diperbolehkan undang-undang. Hal ini makin mendukung pelayanan kesehatan yang terbaik.

Berletak di Jalan Gelap Nyawang No. 102 Bandung, BMG relatif mudah dijangkau dari Kampus ITB di Jalan Ganesha sehingga memungkinkan penanganan segera terhadap keadaan darurat berkaitan dengan kesehatan di lingkungan ITB. BMG akan berusaha memberikan pelayanan terbaik, tetapi untuk kasus-kasus yang berat dan memerlukan opname, BMG akan memberi rujukan kepada rumah sakit.

BMG memiliki sejarah yang panjang. Pada 28 Februari 1977, Idhata Komisariat ITB mendirikan poliklinik "Balai Kesehatan" Idhata Komisariat ITB, beroperasi di bagian barat ITB antara laboratorium radar dan bagian mesin. Kemudian pada 21 Maret 1981 berganti nama menjadi "Balai Kesehatan Keluarga ITB" ke Jalan Taman Sari No. 80 dengan pelayanan yang makin berkembang.Memasuki status BHMN pada 1 April 2004, ITB membentuk Pusat Pelayanan Kesehatan "Bumi Medika Ganesha" yang merupakan penggabungan "Balai Pengobatan Keluarga ITB" dan "Apotek Ganesha". Sejak 1 Januari 2006, status BMG menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Kesehatan yang dikepalai oleh Dr. Sasanti Tarini Darijanto

Dokter yang praktek di BMG memiliki izin praktek di BMG yang merupakan
salah satu tempat praktek dari 3 tempat praktek yang diperbolehkan undang2
Kesehatan

scan for download