Berita / Penelitian

Workshop Ganesha Digital Library dan Sistem Otomasi Perpustakaan

- Jumat, 22 Desember 2006, 09:42:03
Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB menggelar acara Workshop Ganesha Digital Library (GDL 4.0) dan Sistem Otomasi Perpustakaan (library automation) pada Jumat, 22 Desember 2006 di Ruang Multimedia & Pelatihan Software Comlabs USDI - ITB.

Perangkat lunak ini merupakan kerangka (framework) untuk membangun jaringan perpustakaan digital di seluruh Indonesia (Indonesia Digital Library Network, IDLN). Dengan menggunakan perangkat lunak ini , diharapkan terbentuk perpustakaan online yang lengkap dari seluruh universitas di Indonesia.

Freeware GDL dioperasikan dengan Apache Web Server, yang mendukung PHP 4.0.4 dengan database server My SQL. Dilengkapi dengan infrastruktur sistem digital library minimal yang berfungsi sebagai server digilib dan workstation untuk meng-upload dan mengelola metadata dan full karya eletronik, serta data berupa image, audio, maupun video.

Acara ini merupakan rangkaian dari Pelatihan Teknologi Informasi Program Inheren yang dikembangkan oleh ITB. Diharapkan acaa ini dapat membuka wawasan peserta mengenai penggunaan perangkat lunak buatan dalam negeri yang dapat mempermudah sistem administrasi.