Berita / Akademik

Lokakarya Nasional “Implementasi Information and Communication Technology (ICT) di Medical Education Unit dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi.”

Kamis, 7 Desember 2006, 10:10:43
Kamis, 7 Desember 2006, bertempat di perpustakaan pusat ITB, diadakan Lokakarya Nasional “Implementasi Information and Communication Technology (ICT) di Medical Education Unit dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi.” Lokakrya ini diadakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). ITB dipilih sebagai tempat pelaksanaan lokakarya ini karena merupakan pusat pengembangan ICT sekaligus pelaksana program Inherent. Inherent adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia sehingga dapat saling berbagi informasi. Lokakarya ini diikuti oleh perwakilan dari 52 fakultas kedokteran di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini, Priambodo, salah seorang wartawan senior dari kantor berita Antara, diundang untuk memaparkan pentingnya berbagi informasi via internet. Selain itu, dilakukan juga teleconference ke Amerika dan Jepang. Dengan teknologi teleconference ini, kuliah jarak jauh serta diskusi antara dokter-dokter di seluruh dunia dapat dilakukan. Rencananya, 5 fakultas kedokteran di Indonesia akan diberikan bantuan perangkat ICT. Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, pembagian informasi mengenai penelitian dan pengembangan dalam dunia kedokteran Indonesia lebih maksimal dan akhirnya memajukan kedokteran Indonesia.