Berita / Akademik

Kuliah Tamu PPKn : “Strategi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2004-2009”

Rabu, 8 November 2006, 09:26:02
Rabu, 8 November 2006, bertempat di ruang 9231 Gedung Kuliah Umum Timur ITB, Kelompok Keahlian Ilmu Kemanusiaan Fakutas Seni Rupa dan Desain mengadakan kuliah tamu dengan topik “Strategi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2004-2009”. Hadir sebagai pembicara Ir. Kennedy Simanjuntak, MSc, dari Bappenas. Kennedy juga alumni ITB angkatan 1980 dari jurusan Teknik Industri.

Kuliah yang dimulai pukul tujuh pagi ini menjelaskan tentang sejarah proses perencanaan pembangunan di Indonesia hingga sekarang, elemen-elemen yang terlibat dalam perencanaan, apa saja yang direncanakan, termasuk di dalamnya pembayaran hutang, dan mekanime pelaksanaan perencanaan itu sendiri. Perencanaan di Indonesia yang berlaku sekarang masih merupakan model baru, sejak 2004 yang lalu. Pemilihan presiden dan kepala daerah secara langsung termasuk salah satu yang baru. Program dari presiden dan kepala daerah terpilihlah yang dijadikan rencana pemerintahan ke depan. Masalah yang hingga kini belum terselesaikan adalah sinkronisasi antara program dari pusat dan dari daerah.

Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa kelas 7, 8 dan 9 mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kuliah tamu serupa rencananya akan diadakan dua kali lagi, minggu depan dan dua minggu lagi.