Pengenalan Program Studi TPB ITB 2006

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Direktorat Pendidikan (Dirdik) ITB menyelenggarakan Pengenalan Program Studi bagi mahasiswa baru tingkat 1 yang kini menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB). Program ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan promosi program studi-program studi yang ada di ITB kepada mahasiswa TPB. Acara ini bekerjasama dengan fakultas/sekolah yang ada di ITB. Acara ini diselenggarakan dalam dua hari yaitu hari Sabtu, 7 dan 14 Oktober 2006.
Tahun ini mahasiswa baru angkatan 2006 tersaring masuk ITB ke dalam fakultas/sekolah, bukan program studi seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, program ini diharapkan membantu para mahasiswa baru untuk memilih program studi yang diinginkan sesuai fakultas/sekolah masing-masing. Walaupun tiap-tiap fakultas/sekolah telah memiliki mata kuliah sendiri sebagai pengantar keilmuan.
Pada hari Sabtu, 7 Oktober 2006 acara ini berlangsung untuk mahasiswa TPB dari FMIPA, FIKTM dan FSRD. Acara ini mengambil beberapa tempat yaitu ruang 9231 GKU Timur (FMIPA), Aula Timur (FIKTM) dan TVST B (FSRD). Salah satu tempat yang berhasil diliput ialah program pengenalan untuk mahasiswa FSRD. Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki lima program studi yaitu Kriya, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Seni Murni, Desain Produk. Lima program studi ini memiliki keunikan dan membutuhkan kemampuan yang berbeda-beda, misalnya Kriya yang menuntut mahasiswanya mencipta karya buatan tangan sendiri (manual).
Pada kesempatan tersebut Fakultas Seni Rupa dan Desain diwakili oleh dekan dan ketua masing-masing program studi sarjana. Sayangnya, mahasiswa TPB yang hadir hanya sekitar 90 orang dari keseluruhan 205 orang mahasiswa FSRD 2006. Salah satu panitia pelaksana dari FSRD mengungkapkan bahwa penyebab sedikitnya peserta kemungkinan karena adanya anggapan bahwa acara ini bukan acara wajib dan kurangnya informasi kepada mahasiswa TPB. Akan tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah, terutama bagi mahasiswa FSRD, karena mereka memperoleh mata kuliah Pengantar Seni Rupa yang memberikan gambaran jelas mengenai bidang ilmu yang ingin mereka tekuni.

scan for download