Pameran Foto OSKM Dari Masa ke Masa Persembahan LFM ITB

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Mulai tanggal 2-5 Oktober 2006, Liga Film Mahasiswa (LFM) menggelar “Pameran Foto OSKM Dari Masa ke Masa” di Galeri Arsitektur ITB. Pameran Foto ini menampilkan foto-foto hasil jepretan fotografer-fotografer LFM saat OSKM berlangsung dari tahun tujuhpuluhan sampai tahhun ini. Pameran ini menggambarkan gambaran yang berbeda tentang OSKM dari waktu ke waktu.
Pameran foto ini sebenarnya merupakan acara tahunan LFM yang biasanya bekerjasama dengan Keluarga Mahasiswa (KM) ITB. Akan tetapi, tahun ini LFM tidak lagi bekerjasama dengan KM mengingat permasalahan OSKM 2006 yang belum tuntas hingga kini. Tanpa adanya kerjasama dengan KM ITB, penyelenggaraan pameran ini pun kekurangan dana. ”Makanya kami mengadakan pameran di galeri Arsi (Arsitektur—red) ini, soalnya tidak memakan banyak biaya,” tutur Nining (Biologi’04), salah seorang anggota LFM.
Hampir seluruh karya-karya fotografi yang ditampilkan dalam pameran ini menampilkan keunikan-keunikan OSKM dari masa ke masa. Obyek yang paling menonjol ditampilkan ialah bentuk topi yang berubah-ubah, mulai tahun 70an hingga 2000an. Ada yang berbentuk ujung pensil, silinder memanjang ke atas, topi lebar hingga bentuk topi tahun 2005. Foto-foto yang ditampilkan juga menunjukkan antusiasme OSKM, baik panitia maupun pesertanya. Selain pameran foto, LFM juga mengadakan pemutaran film OSKM ”Dari Masa ke Masa” dan diskusi ”Keberadaan OSKM 2007” pada 5 Oktober 2006 di tempat yang sama.

scan for download