Berita / Utama

Pameran Foto dan Karya Tulis IOE 2006

Sabtu, 23 September 2006, 10:43:06
Sejumlah foto bertema ‘Peran Teknologi Kelautan bagi Indonesia’ dipamerkan di Galeri Ipteks Campus Center Timur ITB selama 21 hingga 23 September 2006 dalam rangka Indonesian Ocean Expo (IOE) 2006 yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan ITB. Sejumlah foto ini adalah foto-foto hasil lomba yang diselenggarakan selama Juni-September 2006. Tujuannya, memperkenalkan sumber daya kelautan dan teknologi kelautan kepada masyarakat melalui visualisasi foto. Dari lebih dari seratus foto yang turut diperlombakan, sebanyak 30 foto terpilih untuk dipamerkan.

Tiga besar foto terbaik adalah hasil karya Rikrik Gantina bertajuk ‘S (Stringer) Men’ sebagai juara pertama; hasil karya Nofria Doni Fitri, berjudul ‘Perbaikan Sebelum Melaut’ meraih juara kedua; dan hasil karya Alfian berjudul ‘Sunrise Behind The Rig’, sebagai juara ketiga. Juri lomba foto ini yaitu, Gatot Eko Cahyono, wartawan Suara Pembaharuan; Andika Prasetya, Dosen Desain Komunikasi Visual; dan Ricky Lukman, Dosen Teknik Kelautan ITB.

Dalam rangka IOE, juga diselenggarakan Lomba Karya Tulis IOE 2006 untuk siswa SMU. Lomba ini diikuti 17 peserta yang tersebar di Indonesia dan berlangsung mulai Agustus 2006. Untuk Lomba Karya Tulis IOE 2006 ini, tema besar IOE dibagi menjadi tiga sub tema, yaitu Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna dalam bidang Kelautan, Pendayagunaan Potensi Kelautan sebagai Sumber Energi Alternatif, dan Solusi Teknis Masalah Pencemaran dan Kerusakan Alam di Laut.

R. Ganjar AR, mahasiswa Teknik Kelautan angkatan 2003, Kordinator Lomba Karya Tulis Ilmiah, menjelaskan yang berhasil masuk lima besar, dikumpulkan pada tanggal 21 September 2006 lalu untuk bersaing memperebutkan posisi 3 besar. Kelima tim yang masuk lima besar adalah tim karya tulis dari SMU 3 Semarang, SMA Pangkal Pinang, SMU I Bogor. SMUN I Tuban, dan SMU Tarakanita I Jakarta. Pada awalnya ketiga pemenang berhak mendapatkan hadiah tambahan mengunjungi beberapa tempat di Surabaya yang berhubungan dengan industri kelautan, seperti Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP). Namun setelah dikonfirmasi karena suatu hal, hadiah tambahan tersebut diganti dengan sejumlah nominal. Pengumuman pemenang dan persentasi dilakukan pada hari Sabtu, 23 September 2006 di Galeri Ipteks Campus Center Timur ITB. Pemenang lomba karya tulis IOE 2006 adalah SMUN I Tuban sebagai juara pertama; SMUN 3 Semarang, pemenang kedua; dan SMU Tarakanita I Jakarta sebagai pemenang ketiga.

Lomba karya tulis ini diadakan untuk memperkenalkan potensi kelautan Indonesia kepada seluruh siswa SMA/sederajat di Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta terhadap dunia riset dan penelitian terutama dalam bidang teknologi kelautan mengingat hampir seluruh bagian negeri Indonesia dikelilingi oleh air.