Pameran Industri IOE 2006, Let The Ocean Tell The Truth

Oleh

Editor -

“Dari awalnya kami berusaha menyuguhkan acara dengan target yang tidak muluk-muluk hanya dengan itikad baik agar dapat membuka mata dan wawasan mengenai laut dalam Indonesia.” Auliya Fahmi, Ketua Umum IOE
***

Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan ITB menyelenggarakan Pameran Industri IOE 2006, pada 21-23 September 2006 di Campus Center ITB. Peserta pameran yang terbuka untuk umum ini adalah para pelaku teknik kelautan di Indonesia; antara lain, Program Studi Teknik Kelautan ITB dengan dua bidang keahlianya, Teknik Pantai dan Teknik Lepas Pantai, Laboratorium Uji Model Hidraulika, Badan Riset Kelautan dan Perikanan; serta perusahaan swasta seperti PT J Ray McDermott, PT. Geotindo Mitra Kencana, PT. Dwisatu Mustika Bumi, MEDCO Group. Terdapat pula unit kegiatan mahasiswa ITB di bidang selam, Nautika, dengan otonomi penuh di bawah bimbingan klub senam POS G-10, dan unit pendukung kelautan.

Lurohman Mamin, KL 03, Ketua IV menuturkan pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia kelautan Indonesia kepada masyarakat; sekaligus sebagai ajang sosialisasi antara pengunjung khususnya angkatan 2006 agar dapat mengenal wajah Teknik Kelautan ITB dan dunia industri kelautan pada umumnya. Mamin mengaku puas dengan animo pengunjung pameran yang mencapai lebih dari 500 orang selama dua hari pameran dibuka.

Auliya Fahmi, KL 03, Ketua Umum IOE, menjelaskan ide awal kegiatan IOE dimulai pada November 2005. IOE berawal dari kadaran akan kurangnya pembahasan tentang laut dalam Indonesia. Selanjutnya, dengan jumlah panitia sebanyak kurang lebih 100 orang, Fahmi berupaya mengusahakan Indonesia Ocean Expo dengan bentuk kegiatan seminar, pameran photo teknik kelautan, pameran industri kelautan, dan lomba karya tulis teknik kelautan antar SMA. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan panitia dan masyarakat mengenai potensi laut dalam Indonesia terutama di bidang minyak dan gas; dan mendidik masyarakat agar tidak hanya dinina bobokan dengan mitos nenek moyang kita seorang pelaut yang cenderung fokus dengan sektor perikanan saja.

scan for download