Jepang dalam Poster, Pameran Jepang dari Japan Foundation

By Muhammad Arif

Editor -

Japan Foundation menggelar pameran kontemporer berjudul “Discover Japan through Contemporary Posters” di Galeri Soemardja, FSRD ITB. Pameran ini termasuk dalam serangkaian kegiatan Japan Foundation bulan Agustus 2006. Pameran yang menampilkan poster-poster karya seniman Jepang ini berlangsung tanggal 8-30 September 2006.

Japan Foundation merupakan organisasi yang bergerak dalam promosi kebudayaan Jepang. Yayasan ini aktif mengadakan pameran keliling di seluruh dunia, untuk memamerkan karya-karya seni Jepang. Pameran yang digelar di ITB ini merupakan pameran kedua setelah digelar di Aula Japan Foundation pada bulan Agustus lalu. Pameran yang digelar saat ini bertujuan untuk menampilkan kehidupan Jepang yang dapat dianggap sebagai sebuah kesenian sosial.

Pameran ini menampilkan 75 karya dari 43 desainer grafis kontemporer yang tergabung dalam Japan Graphic Designers Association Inc. Desainer yang ikut menyumbangkan karyanya antara lain Mitsuo Kasai, Kaoru Kasai, Takahisa Kamijyo, Kahiwa ato, Taku Satoh, Makoto Nakamura, Keisuke Nagamoto, dan lainnya. Poster-poster yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan karya-karya tahun 1995-2000. Beberapa karya yang ditampilkan ialah poster untuk promosi produk kosmetik Shisedo, poster yang mempromosikan kereta api magnet tercepat Shinkasen, hingga ikon selebritis Jepang, Takuya Kimura.