Angklung in Cinema

By

Editor -

Sabtu, 9 September 2006, bertempat di gedung Asia Africa Cultural Centre, Keluarga Paduan Angklung (KPA) ITB mengadakan konser angklung dengan tajuk “Angklung in Cinema”. Konser ini menyuguhkan sepuluh lagu yang diambil dari soundtrack film popular. Beberapa lagu yang dibawakan adalah soundtrack “Harry Potter” sebagai lagu pembuka, “Summernight” dari film “Grease” , soundtrack “Mission Impossible” dan juga lagu “Super Mario Bross” yang berasal dari permainan video.

Selain dari KPA sendiri, konser ini juga menyuguhkan permainan angklung dari SMP 28 dan SMA 2 Bandung. Sekolah-sekolah ini adalah sekolah yang cukup berprestasi dalam dunia angklung dan beberapa merupakan pemenang Festival Paduan Angklung 2005 lalu yang juga diselenggarakan oleh KPA. Lagu Summernight, tidak hanya diisi alunan angklung, tapi juga dinyanyikan oleh beberapa penyanyi, membuat suasana terasa lebih hidup.

Konser berakhir pukul setengah 10 malam. Dengan ditonton oleh lebih dari 200 orang, konser ini berjalan dengan baik. Para penonton pun menunjukan repons yang positif terhadap konser ini. Beberapa kagum ketika mendengar lagu seperti soundtrack “Mission Impossible” dan “Super Mario Bross” dapat dibawakan dengan menggunakan angklung.

Tajuk ‘Angklung in Cinema” memang dipilih karena KPA ingin menunjukaan bahwa dengan nuansa tradisional, angklung dapat tetap berbaur dengan budaya modern. Dengan konser ini, diharapkan apresiasi masyarakat terhadap angklung semakin besar dan angklung dapat tetap eksis dalam dunia kesenian dan budaya.