Workshop Bersama KK Teknik Fisika ITB dan PT.Indonesia Power

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Kelompok Keilmuan (KK) Teknik Fisika ITB bekerjasama dengan PT. Indonesia Power, UBP Kamojang menggelar Workshop Bersama pada hari Kamis, 7 September 2006. Acara yang bertajuk “Optimasi Kinerja PLTP” ini mengambil tempat di Gedung Teknik Fisika Labtek VI lantai II. Acara ini merupakan kelanjutan dari kerjasama KK Teknik Fisika dengan PT. Indonesia Power dalam upaya peningkatan kualitas PLTP.

Acara yang bersifat paparan dan diskusi ini membahas permasalahan-permasalahan yang ada di UBP Kamojang. Beberapa waktu yang lalu, dosen-dosen KK Teknik Fisika telah berkunjung ke UBP Kamojang untuk mengetahui masalah-masalah yang terjadi mulai dari rotor, ‘kondenser cooling’, ‘coil’, dan sebagainya. Masalah-masalah yang muncul di lapangan kemudian diteliti oleh para dosen. Pemecahan masalah-masalah inilah yang lantas didiskusikan bersama dalam workshop bersama tersebut.

Worshop bersama ini juga menjadi media penyatuan persepsi antara ‘engineer’ ITB dengan para teknisi UBP Kamojang. Mediasi yang menggabungkan pemahaman kedua belah pihak tentang kinerja UBP Kamojang ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah teknis yang terjadi di lapangan. Tujuan akhirnya, tentu saja optimasi kinerja PLTP.

scan for download