Berita / Akademik

Kuliah Umum FKTM "Ocean, Our opportunity in the future"

Rabu, 6 September 2006, 16:17:46
Rabu, 6 September 2006, Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (FKTM) mengadakan kuliah umum dengan topik "Ocean, Our opportunity in the future". Bertempat di gedung Basic Science A lantai 4, siang itu Dr. Dwi Susanto hadir sebagai dosen tamu. Dr. Dwi Susanto adalah alumni ITB tahun 1981. Sekarang beliau merupakan koordinator Kerjasama Riset Kelautan Indonesia – USA.

Dalam kuliah umum ini, Dr Dwi memberikan gambaran umum tentang kondisi kelautan di Indonesia. Beliau menekankan betapa pentingnya pengetahuan akan kondisi kelautan Indonesia. Selama ini orang yang mengerti tidak banyak, sehingga penanganan dan pengolahannya juga tidak maksimal. Beliau juga menekankan perlunya pengetahuan akan bidang keilmuan lainnya. "Tidak ada ilmu yang bisa berdiri sendiri. Di (Program Studi) Oseanografi juga perlu ilmu Geologi, Kimia laut, Teknik Lingkungan laut," jelasnya. Dwi sendiri bukanlah sarjana Oseanografi, melainkan sarjana Geofisika.

Kuliah umum ini dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) FKTM. Dengan adanya kuliah umum ini diharapkan wawasan para mahasiswa TPB akan pentingnya laut Indonesia bertambah. Selain itu, kuliah umum ini juga dapat membantu mereka memilih program studi ketika lulus TPB kelak.