Donor Darah Empat Labtek, Buah dari Kepedulian Terhadap Sesama

Oleh Holy Lovenia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada hari Senin hingga Rabu (17-19/10/16), Donor Darah Empat Labtek kembali diselenggarakan oleh lima Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang berada di daerah Laboratorium Teknik (Labtek) V - Labtek VIII dan sekitarnya. Selain mendonorkan darah, pengunjung juga dapat cek kesehatan dengan gratis pada acara yang berslogan "Share your blood, share your care" tersebut

.

Selama tiga hari, Donor Darah Empat Labtek diadakan di selasar Labtek V sejak pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. Palang Merah Indonesia (PMI) dari Kabupaten Sumedang, Bandung pun turut dilibatkan dalam proses pendonoran arah dan penyediaan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan. Ada beberapa persyaratan medis yang harus dipenuhi oleh para pendonor, di antaranya adalah berusia lebih dari 17 tahun, berat badan di atas 45 kilogram, tidak sakit, jarak donor sedikitnya 2.5 bulan, tidak sedang mengonsumsi obat-obatan, sudah sarapan, dan lainnya. Setelah mendaftarkan diri, calon-calon pendonor mengisi formulir tentang identitas diri dan pertanyaan-pertanyaan mengenai kesehatan diri yang diberikan, dan menunggu dipanggil di kursi-kursi yang sudah disediakan. Lalu, akan diadakan pemeriksaan tekanan darah, kadar hemoglobin, dan golongan darah beserta rhesusnya oleh petugas-petugas PMI. Para pendonor yang lolos kualifikasi yang ditetapkan selanjutnya akan diambil darahnya sebanyak satu kantong (350 cc).




Donor Darah Empat Labtek ini merupakan acara tahunan yang diorganisir oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) yang berlokasi di Labtek V, Keluarga Mahasiswa Kelautan (KMKL) yang letaknya di Labtek VI, Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) yang bersekretariat di Labtek VII, Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME) yang berwilayah di Labtek VIII, dan bahkan Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) yang bertempat di gedung TVST. Ketua dari Donor Darah Empat Labtek tahun ini adalah Shanti Dwi Novianty dari jurusan Farmasi dan Klinik Komunitas (FKK) 2014. Perbedaan program studi yang kelima himpunan ini miliki tidak menghalangi kolaborasi yang mereka lakukan tersebut. "Acara ini bertujuan untuk menjaga silaturahmi antar himpunan Empat labtek dan juga memfasilitasi civitas akademika ITB dalam hal donor darah," jelas Shanti. Walaupun begitu, para pengunjung yang tidak berstatus sebagai anggota dari kelima HMJ tersebut tetap dapat mendonorkan darahnya, karena acara Donor Darah Empat Labtek ini bersifat terbuka untuk siapapun.


Sumber foto: Panitia

scan for download