HIMATIKA ITB Gelar Workshop R Studio

Oleh Gracia Isaura Raulina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai salah satu upaya untuk mencerdaskan masyarakat umum terhadap perkembangan perangkat lunak yang telah mendunia, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB menyelenggarakan workshop bertajuk "Introduction to R" untuk perangkat lunak R Studio. Workshop ini diadakan pada Jumat (24/09/26) bertempat di gedung TVST A ITB, dan ini dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai jurusan di ITB. Sebagai pengisi acara, HIMATIKA ITB mengundang alumni dan mahasiswa terbaiknya, yakni Salsabila (alumni Matematika ITB) dan Robby (Matematika 2013).

Pada workshop ini, peserta diajak untuk mengenali R Studio. Workshop dimulai dengan penjelasan mengenai seluk beluk R Studio, dan dilanjutkan hingga komputasi pada R Studio untuk memberikan berbagai hasil perhitungan statistika berdasarkan kumpulan data yang dimiliki. Dalam pelaksanaan kegiatannya, panitia-panitia dari HIMATIKA ITB turut berperan sebagai mentor untuk dapat secara langsung mengajari peserta secara individual sehingga setiap peserta dapat benar-benar mengikuti materi dengan baik. Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop ini, terlebih karena mereka dapat secara langsung terlibat dalam implementasi materi yang disampaikan ke dalam R Studio.


Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Mathematical Challenge Festival - Mathematics Modelling Competition (MCF-MMC). Acara ini merupakan acara dwitahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh HIMATIKA ITB bekerja sama dengan Kelompok Keahlian Matematika Terapan dan Industri (KK MIK) program studi Matematika ITB. MCF-MMC diadakan dengan tujuan untuk semakin memperkenalkan manfaat ilmu matematika kepada masyarakat umum, khususnya melalui implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yakni melalui R Studio, yakni perangkat lunak gratis (freeware) yang saat ini semakin marak digunakan oleh masyarakat dunia, baik untuk keperluan studi, pekerjaan, penelitian, dan sebagainya.

Selain kegiatan workshop, MCF-MMC juga diisi dengan berbagai mata acara lainnya, seperti seminar, pameran karya, dan gala dinner. Selain itu, terdapat juga berbagai perlombaan yang diadakan bagi siswa tingkat SMA dan mahasiswa tingkat D3/S1 di Indonesia, yakni Mathematical Modelling Competition (MMC), Highschool Mathematical Modelling Competition (Hi-MMC), lomba esai (Math in Words), dan lomba video (Cinemath). Melalui berbagai lomba dan mata acara ini, HIMATIKA ITB berharap untuk dapat ikut andil mencerdaskan kehidupan anak bangsa melalui matematika.


scan for download