Mahasiswa Teknik Kimia ITB Raih Juara Umum di NACES 2016

Oleh Irfaan Taufiiqul Rayadi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa ITB kembali meraih prestasi di kancah internasional. Prestasi ini diukir oleh 32 delegasi mahasiswa Teknik Kimia ITB yang berhasil mengharumkan nama ITB dan Indonesia dengan meraih predikat juara umum di ajang NACES (National Chemical Engineering Symposium) 2016: Food, Water, Energy Nexus.

Lomba yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 9-11 September 2016 ini adalah lomba yang berkaitan dengan topik-topik keilmuan Teknik Kimia yang dikemas dalam 7 sub perlombaan, yakni Technical Debate Competition, Chemical Engineering Challenge, Process Plant Design, Technical Case Study, Technical Power Point Presentation, Technical Essay Writing, dan Technical Video Presentation.
Pada perlombaan ini, tim ITB berhasil meraih predikat first winner di cabang Process Plant Design yang diikuti oleh Anbibie (Teknik Kimia 2013), Stephen Andrean (Teknik Kimia 2013), Wardatun Malatsih (Teknik Kimia 2013), Putri Prabandoro (Teknik Kimia 2013), dan Natasha Agustin Ikhsan (Teknik Kimia 2013) serta di cabang Techinical Case Study yang diikuti oleh Dessi Anggreini (Teknik Kimia 2013), Serra Delvira (Teknik Kimia 2013), Arry Khaminov Rizky (Teknik Kimia 2014), dan Stephen Ariel Kristiandi (Teknik Kimia 2014).


Selain meraih predikat first winner, tim lainnya meraih predikat 1st runner up di cabang Chemical Engineering Challenge yang diikuti oleh Ferdyan Ihza Akbar (Teknik Kimia 2013), Ryan Bagus Fitradi (Teknik Kimia 2013) ¸Ayu Rizki Ramadhani (Teknik Kimia 2013), dan Gladys Tiffany Jaya (Teknik Kimia 2013), cabang Technical Power Point Presentation yang diikuti oleh Denny (Teknik Kimia 2013), Leonardus Kevin (Teknik Kimia 2013), Marchellinus Demas (Teknik Kimia 2013)¸dan Hardono Japonika (Teknik Kimia 2013)., dan cabang Technical Essay Writing yang diwakili oleh Tiara Calista (Teknik Kimia 2013). ITB pun berhasil meraih predikat 2nd runner up pada cabang Technical Case Study yang diikuti oleh Henry Natanail (Teknik Kimia 2013) ¸ Henry Sutjiono (Teknik Kimia 2013), Jonathan Hanley (Teknik Kimia 2013), serta Jonatan Dimeo (Teknik Kimia 2013).


Kerja Keras yang Berbuah Manis

Proses meraih titel juara umum yang sudah ditempuh tim ITB ini tidaklah mudah. Selain harus melalui persiapan selama berbulan-bulan, tim ITB pun menghadapi lawan yang tidaklah mudah yang berasal dari 16 Universitas di negara Malaysia dan Indonesia lainnya. Namun, dengan usaha keras dan perjuangan tertinggi, tim ITB berhasil meraih titel juara umum di negeri tetangga.


Ditemui setelah penyerahan hadiah, salah satu peserta NACES 2016, Ferdyan Ihza Akbar (Teknik Kimia 2013) menuturkan bahwa ia tidak menyangka tim ITB dapat memborong juara sebanyak ini. Ia pun mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan dari seluruh civitas academica Teknik Kimia ITB. "Semoga di tahun depan, ITB dapat meraih gelar lebih banyak dan dapat mempertahankan titel juara umum di NACES 2016 ini!" tutup Ferdyan mengakhiri sesi wawancara.


scan for download