Paduan Suara Mahasiswa ITB Juarai 5th Florence International Choir Festival di Italia

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Nama bangsa Indonesia kembali diharumkan oleh prestasi mahasiswa ITB dalam ajang internasional. Kali ini, kemenangan diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa ITB (PSM-ITB) pada kompetisi paduan suara internasional, 5th Florence International Choir Festival (FICF), yang diadakan pada hari Rabu hingga Jumat (20-22/07/16) di Florence, Italia. Pada kompetisi ini, PSM-ITB berhasil meraih juara pertama pada dua kategori, disertai dengan tiga penghargaan lainnya. Kompetisi ini merupakan salah satu kegiatan utama yang diikuti oleh PSM-ITB dalam rangkaian acara ITB Cultural Tour (ICT) 2016 di benua Eropa.

Raih Lima Penghargaan

Pada upacara penghargaan yang diadakan Jumat (22/07/16), PSM-ITB berhasil mendapatkan sebanyak lima penghargaan dalam kompetisi FICF. Dua dari kelima penghargaan tersebut merupakan medali emas pada dua kategori kompetisi yang diikuti, yakni Youth Choirs dan Popular, Folk, Gospel, Barbershop Ensembles. Dalam kedua kategori tersebut, PSM-ITB berhasil mengalahkan paduan suara terbaik dari berbagai negara, di antaranya adalah Israel, Kanada, dan Cina. Sementara itu, ketiga penghargaan lainnya diberikan atas penampilan yang sangat baik dari PSM-ITB, yakni Best Italian Composer Performance, Best Contemporary Arrangement, dan Best Costume.

Selaras dengan tujuan ICT untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat global, PSM-ITB banyak membawakan lagu-lagu daerah hasil aransemen tokoh paduan suara Indonesia, di antaranya adalah Janger dan Yamko Rambe Yamko karya Agustinus Bambang Jusana. Penampilan atas lagu-lagu tersebut pun berhasil memukau juri-juri FICF yang merupakan tokoh kenamaan di dunia paduan suara seperti Leonardo Sagliocca dan Andrea Benedetti. Alhasil, PSM-ITB berhasil mendapatkan juara pertama pada kategori folk, dan bahkan mendapatkan penghargaan kostum terbaik atas gaun semi kebaya dan baju khas daerah Bali yang digunakan selama kompetisi.

Kemenangan PSM-ITB di kompetisi ini dapat diperoleh berkat latihan, kerja keras, dan persiapan yang telah dilakukan oleh penyanyi dan panitia sejak beberapa bulan yang lalu. Meskipun demikian, kemenangan tersebut tidak akan diraih tanpa dukungan berbagai pihak yang telah membantu keberjalanan rangkaian acara ICT 2016, termasuk Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Italia yang telah membantu akomodasi hingga penyediaan tempat latihan selama berada di Italia. Selain itu, kegiatan yang diadakan oleh PSM-ITB ini juga turut didukung penuh oleh ITB dan berbagai sponsor lainnya.

Tentang ITB Cultural Tour 2016

ICT merupakan kegiatan dwitahunan yang diadakan oleh PSM-ITB dan telah digarap sejak tahun 2004. Sebagai kali ke-7, ICT 2016 kembali membawa PSM-ITB ke benua Eropa untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui dunia paduan suara. Dengan mengambil tema "Dum Canto Spero" yang berarti "While I Sing, I Hope", PSM-ITB berharap dapat terus menyampaikan berbagai pesan melalui nyanyian dan lagu-lagu yang mereka bawakan.

Pada ICT 2016 ini, terdapat beberapa agenda yang diadakan dan diikuti oleh PSM-ITB. Sebelumnya, PSM-ITB telah mengadakan dua kali konser prakompetisi di Bandung dan Jakarta. Kemudian, setelah mengikuti kompetisi FICF di Italia, PSM-ITB akan melanjutkan perjalanan ke Belgia dan mengadakan konser kebudayaan untuk semakin memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Eropa.

 

Gracia Isaura R.

Junior Reporter Kantor Berita ITB

 

Dokumentasi oleh PSM ITB


scan for download