Semangat Berkarir Profesional Lewat Titian Karir Terpadu ITB 2016

Ninik Susadi Putri | Kamis, 14 April 2016, 23:13:55 | Lihat foto berita ini
BANDUNG,itb.ac.id - Mencari pekerjaan atau melanjutkan kuliah? Pertanyaan tersebut banyak diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate. Oleh karena itu, ITB Career Center yang dinaungi oleh Lembaga Kemahasiswaa (LK) mengadakan ITB Intergrated Career Days  atau Titian Karir Terpadu (TKT) ITB 2016. TKT ITB merupakan bursa kerja terintegrasi yang menggabungkan promosi, presentasi, pameran, dan aktivitas rekruitasi yang dilakukan perusahaan dalam satu kesatuan. Adanya TKT ITB yang diselenggarakan pada Jumat-Minggu (8-10/04/16) merupakan salah satu wadah yang disediakan LK untuk para lulusan ITB dalam mencari pekerjaan. Acara TKT ITB ini juga menjadi tempat bertemunya antara job seeker dan perusahaan secara langsung.

Bertempat di Aula Barat dan Aula Timur, TKT ITB dikunjungi oleh lebih dari 17.000 orang. Mereka berasal dari berbagai universitas baik dalam maupun luar negeri. Acara ini memang terbuka untuk umum sehingga siapa saja boleh datang untuk berburu pekerjaan. TKT ITB sendiri merupakan kegiatan rutin yang diadakan ITB Career Center. Setiap tahunnya TKT ITB diselenggarakan dua kali, yaitu pada bulan April dan bulan Oktober. Melalui acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi perusahaan mitra ITB dan alumni atau mahasiswa ITB serta berbagai perguruan tinggi lainnya. Acara yang melibatkan peserta sedikitnya 150 orang ini berjalan dengan sukses. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung yang datang dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Asal pengunjungnya pun semakin beragam, hampir tersebar ke seluruh penjuru Indonesia.


Antusiasme pun tidak hanya datang dari jumlah pengunjung yang datang, tetapi para perusahaan peserta TKT ITB yang mengikuti acara ini. Dalam TKT ITB 2016 ini diikuti oleh 47 perusahaan turut andil menjadi peserta. Perusahaan-perusahaan yang ikut serta berasal dari berbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional diantaranya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang menjadi sponsor utama acara ini. Selain itu, terdapat pula perusahaan-perusahaan lain yaitu Astra Group, Bank Mandiri, Citibank, Biofarma, dan lain sebagainya. "Lewat acara seperti ini sangat membantu bagi para lulusan ITB maupun mahasiswa tingkat akhir untuk dapat berkarir di dunia profesional nantinya," tutur Adhitia Gesar (Teknik Metalurgi 2012) sebagai salah satu peserta TKT ITB 2016.

Sekilas ITB Career Center
ITB Career Center adalah sebuah kantor yang berada di bawah Lembaga Kemahasiswaan ITB.  ITB Career Center memberi layanan karir bagi mahasiswa dan alumni ITB melalui informasi lowongan kerja, magang, tips, konseling karir, serta penyelenggaraan Titian Karir Terpadu yang diadakan dua kali setiap tahunnya. ITB Career Center juga menjembatani para experienced jobseeker dan pihak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga profesional. Dalam memberikan layanan informasi lowongan kerja dan pemagangan, ITB Career Center memiliki sebuah situs yaitu karir.itb.ac.id, serta beberapa media sosial sperti twitter ataupun instragram.  ITB Career Center juga rutin memfasilitasi pelaksanaan rekruitasi berbagai perusahaan di dalam kampus ITB. Hal ini memudahkan para pencari kerja yang berasal dari ITB maupun perguruan tinggi lainnya yang berada di Bandung.

Selain itu, terdapat pula layanan konsultasi dan konseling seputar karir dengan psikolog serta tenaga ahli untuk memudahkan para mahasiswa dan alumni dalam memilih jalur karir yang sesuai. Membawa misi yaitu membangun SDM profesional yang berkualitas tinggi dan memiliki karakter esensial untuk mengatasi tantangan di era globalisasi, serta tetap memiliki kewajiban moral untuk membangun bangsa. ITB Career Center hadir untuk membantu para mahasiswa dan alumni ITB khususnya dalam membangun karir di masa yang akan datang.  

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia