Dr. Andri D Nugraha: Dosen Berprestasi Anugrah Pendidik Dan Tenaga Pendidikan 2015

Teguh Yassi Akasyah | Jumat, 30 Oktober 2015, 07:55:55 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - Senin (26/10/15), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) memberikan apresiasi kepada dosen dan tenaga kependidikan melalui Anugrah Pendidik Dan Tenaga Pendidikan 2015. Penganugrahan tersebut diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan atas dedikasi para pelaku pendidikan tinggi. Melalui ajang ini, perwakilan ITB (Institut Teknologi Bandung) berhasil meraih predikat sebagai juara tiga sebagai Dosen Berprestasi melalui Dr. Andri Dian Nugraha, S.Si., M.Si. (Dosen Teknik Geofisika ITB). Penganugrahan ini merupakan kali ke-12 yang diselenggarakan secara rutin oleh Kemenristek Dikti tiap tahunnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti, mengatakan pemberian anugrah tersebut diharapkan membuat dosen maupun tenaga pendidikan agar terus berprestasi (dikutip dari www.pikiran-rakyat.com). Terdapat enam kategori yang disandingkan dalam penghargaan tahunan tersebut. Mulai dari kategori dosen berprestasi, kepala program studi berprestasi, laboran berprestasi, pustakawan berprestasi, tenaga pengelola keuangan berprestasi, dan tenaga administrasi berprestasi.

"Ajang prestasi ini dibangun agar bisa bekerja keras, supaya perguruan tinggi betul-betul menghasilkan SDM yang profesional, berkarakter dan memiliki daya saing yang tinggi," ujar Ali Ghufron Mukti di Kemenristekdikti, Senin (26/10/2015), dikutip dari www.pikiran-rakyat.com. Penjaringan finalis sendiri sudah dilakukan sejak Mei 2015. Para finalis melakukan presentasi serta wawancara terhadap karya unggulan mereka. Khusus pada kategori tenaga pendidik, penilaian akan diukur dalam karya kreatif serta ide-ide inovasinya terkait karier mereka di lingkungan pendidikan.

Saat ini, Dr. Andri Dian Nugraha sedang menjabat sebagai Ketua Program Studi Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Pria lulusan Kyoto University, Jepang ini telah memiliki banyak prestasi dan berbagai publikasi intenasional maupun nasional. Salah satu karya yang dipublikasikan Dr Andri Dian Nugraha pada tahun 2010 berjudul 'Thermal structure estimation in Western Japan Subduction Zone by Applying Seismic Velocity and Attenuation Tomography Data' yang turut dipresentasikan dalam ajang International Geosciences & Exposition, Bali, 2010.

 

Sumber informasi: www.pikiran-rakyat.com dan fttm.itb.ac.id.

Sumber gambar: www.pikiran-rakyat.com