MOMBA 2015 : Dukung Multikampus dengan Pembekalan Wawasan Lingkungan

Cintya Nursyifa | Sabtu, 29 Agustus 2015, 06:40:55 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id  - Menjejaki tahun kelima dari masa aktif beroperasinya kampus ITB Jatinangor kini menambah ragam sisi lain dari program multikampus ITB. Estetika ruang dan geografis yang cenderung tak sama seakan mengisyaratkan untuk mengenal lebih dalam. Dalam rangka membekali mahasiswa baru ITB Kampus Jatinangor dengan wawasan lingkungan sekitar, Sub Direktorat Kerjasama dan Pemantauan Lingkungan merealisasikan kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMBA) 2015 berlangsung selama 5 hari (24-28/08/15). Acara yang menggunakan seluruh wilayah ITB Jatinangor ini dihadiri oleh para pemimpin lembaga terkait sekaligus pemateri dalam MOMBA 2015.

Demi menghempaskan segala bentuk keawaman terhadap pengetahuan sekitar, tentulah dibutuhkan sebuah pembekalan wawasan. Sebagai bentuk eksekusi senuah konsep penyampaian materi yang tidak memberatkan tanpa mengurangi esensi dari materi, acara ini didesain bersifat opsional. Hal ini terkait jadwal kuliah para mahasiswa yang tidak seragam dan kesibukan dalam mempersiapkan kegiatan di awal perkuliahan di kampus yang baru terutama bagi angkatan 2014.

Setiap pagi kegiatan dimulai dengan mata acara tour campus yaitu berkeliling di sekitar lokasi di kampus yang dipandu mahasiswa angkatan 2012 dan 2013. Setiap pemandu membimbing barisan sesuai pembagian berdasarkan jurusan. Tiap barisan dicerdaskan dengan pengetahuan umum dan mendasar. Terdapat 4 jalur tour yang ditandai dengan bendera berwarna tertentu. "Jadi MOMBA itu baru tahun ini, sifatnya masih opsional. Harapannya sih kalau tahun ini trial-nya sukses, maka tahun depan kita adakan lagi," ungkap Fivien N. Savitri S.T., M.T. selaku Kepala Seksi Informasi.

Mendalami Alam, Mempelajari Sekitar

Ilmu pengetahuan saja rasanya tak cukup untuk menjalani realita kehidupan perkuliahan, tinggal di lingkungan baru memerlukan adaptasi kembali. Oleh karena itu, disampaikan materi yang padat di setiap sela-sela ruang informasi. Dalam tour campus, setiap pemandu menjelaskan beragam pengetahuan detail, baik dari segi sosial maupun sains. Lebih lagi dalam workshop pemateri berbagi informasi dari para pemimpin berbagai lembaga di ITB terkait perkuliahan seperti Dr. Ir. Wedyanto, M.Sc selaku Direktur Eksekutif Kampus Jatinangor, Dr. Taufikurahman dan Dr. Ir. Woejantari Kartidjo, MT selaku Wakil Direktur Eksekutif Kampus Jatinangor, Dr. Yogi Wibisono Budhi ST, MT selaku Kepala UPT K3L, dan Dr. Ciptati, MS.,M.Sc selaku Ketua Lembaga Konseling. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama panitia den seluruh peserta MOMBA 2015.