KM-ITB Siapkan Mahasiswa Berkarya di PKM

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Didasari salah satu peran mahasiswa, yaitu sebagai agen perubahan dalam masyarakat, kecakapan ilmu pengetahuan, keterampilan profesi dan kreatifitas diperlukan untuk mewujudkan suatu aksi nyata untuk menjawab berbagai tuntutan permasalahan yang terjadi pada lingkungan masyarakat. KM-ITB meyakini bahwa Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu sarana bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas demi kesejahteraan masyarakat melalui penerapan ilmu dan keterampilan profesi, sehingga pada Rabu dan Kamis (10-11/09/2014) KM-ITB melalui Kementrian Riset dan Teknologi menyelenggarakan Sosialisasi Terpusat PKM ITB 2014 kepada seluruh mahasiswa, bertempat di GKU Timur ITB dan CC Barat ITB. Dalam kegiatan tersebut turut hadir  tim dari ITB yang berhasil mendapatkan mendali perak dalam PKM sebelumnya dan Ibnu Badillah (Alumni Kimia ITB) berhasil meraih juara dalam kegiatan PKM 2009 silam.

PKM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), sebagai ruang kreasi bagi para mahasiswa yang memiliki minat, bakat, dan keragaman intelektual. Menteri Riset dan Teknologi KM-ITB, Steve Yudea (Fisika 2010), menjelaskan bahwa PKM terbagi kedalam tujuh kategori meliputi kategori teknologi, pengabdian masyarakat, karsa cipta, wirausaha, penelitian, artikel ilmiah, dan gagasan tertulis. "Secara garis besar, program seleksi PKM dimulai dengan seleksi proposal dimana proposal yang memenuhi standarisasi panitia PKM akan diberi bantuan dana dan berhak mengikuti seleksi monitoring dan evaluasi dari panitia PKM. Setelah berhasil melalui tahapan evaluasi dan monitoring, peserta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi nasional, dan diharuskan mempresentasikan hasil karya mereka guna memperebutkan mendali poster dan mendali presentasi," tutur Steve dalam sosialisasi tersebut.

Dalam sambutanya, Steve mengatakan bahwa PKM adalah kegiatan untuk meningkatkan penelitian, pengembangan keilmuan, pengembangan iptek dan teknologi, serta bagaimana teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat. Tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal dari mahasiswa ITB dalam ajang PKM.  KM-ITB akan memberikan pendampingan berupa workshop dan pelatihan presentasi kepada tim yang proposalnya berhasil lolos.

Sebagai langkah awal, KM-ITB mendirikan sebuah pusat pelayanan PKM yang dapat difungsikan sebagai media informasi seputar PKM serta sebagai wadah untuk mencari rekan tim dari program studi lain dan mencari ide untuk diajukan dalam PKM. "Sekitar 69 tahun yang lalu, Bung Hatta bertanya pada Bung Karno, apakah anak cucu kita bisa mengolah sumber daya demi kesejahteraan rakyat? Sekarang saatnya mahasiswa yang menjawab hal tersebut, bukan dengan kata-kata tapi dengan perbuatan dan penelitian kita," tutur Steve mengutip perbincangan Soekarno-Hatta dalam mengakhiri sambutannya.

 


scan for download