Innovatics 2014: Inovasi Mahasiswa Teknik Informatika untuk Dunia

By Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Teknik Informatika untuk pertama kalinya mengadakan Innovatics - Innovation through Informatics pada Rabu (23/04/14) di Aula Timur ITB. Tahun ini adalah kali pertama diadakannya Innovatics. Acara ini juga merupakan IF Day, yaitu hari bagi mahasiswa Teknik Informatika untuk memamerkan karya-karyanya dan ajang silaturahim antara mahasiswa, dosen, dan alumni. Ada empat rangkaian acara yaitu pameran karya, sharing alumni, sarasehan, dan workshop pembuatan game oleh Agate Studio. Tujuan dari Innovatics 2014 adalah menjadi wadah exposure terhadap karya-karya keinformatikaan yang telah dilakukan oleh civitas academica Teknik Informatika ITB dan alumninya sekaligus menjadi ajang pertemuan, pertukaran, serta kolaborasi ide keinformatikaan dalam membangun bangsa.

Registrasi peserta dimulai pada pukul 08.00 WIB. Selanjutnya pada pukul 08.45 WIB, Ketua Program Studi Teknik Informatika dan Dekan Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika menyampaikan sambutan sekaligus membuka rangkaian acara Innovatics. Keynote speech disampaikan oleh Dr. Ilham Habibie, Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional.


Pukul 09.30-12.00 WIB, sesi sharing alumni berlangsung dengan menghadirkan Ir. Zulhelfi Abidin, M.Sc. (Teknik Informatika 1982, Direktur Teknologi Informasi BRI), Ir. Boy Hidayat Lubis (Teknik Informatika 1989, Direktur Tel-Access), Ir. Ismir Kamili (Teknik Informatika 1993, Direktur PT Ihasan Solusi Informatika), dan Ir. Irving Hutagalung (Teknik Informatika 1994, Entrepreneurship Manager Microsoft Indonesia).  Masing-masing pembicara bercerita tentang pengalaman mereka di dunia kerja dan aplikasi keilmuwan teknik informatika di bidang yang kini mereka geluti.


Ir. Irving menyampaikan pesan kepada seluruh hadirin bahwa proses pembelajaran harus terus menerus dilakukan. Perkembangan dunia yang begitu cepat menuntut kita untuk tidak pernah berhenti belajar. Teknologi yang kini kita nikmati bisa saja tidak lagi digunakan hanya dalam jangka waktu yang tidak begitu lama. Untuk itu, rekayasawan informatika harus terus berinovasi agar dapat berkontribusi untuk dunia.


Di Aula Timur juga dipamerkan karya-karya mahasiswa Teknik Informatika pemenang kompetisi Imagine Cup, Inaicta, Apicta, Gemastik, dan Compfest yaitu sebagai berikut:
1. Smoothie (Juara 1 Innovation Category pada Imagine Cup Indonesia 2014),
2. Vofuse (Juara 1 Innovation Category pada Imagine Cup Indonesia 2013),
3. Easy Fuel (Juara 2 software category pada OSN Pertamina 2013),
4. Green Act (Finalis 3 besar World Citizenship Category pada Imagine Cup Indonesia 2014),
5. Camel (Merit Award INAICTA 2013),
6. Cronus (Finalis 10 besar dunia Game Category pada Imagine Cup International  2011),
7. Dice Roller (Finalis 3 besar Game Category pada Imagine Cup Indonesia 2014),
8. Spider's Web (Juara 1 INAICTA 2013 dan Merit Award APICTA 2013 - Asia Pasifik),
9. Gaib (Finalis 10 besar Gemastik 2012),
10. Niew's Tale (Finalis 3 besar Game Category pada Imagine Cup Indonesia 2013).
Selain pameran karya mahasiswa, acara ini dimeriahkan pula oleh stand-stand alumni yaitu dari Agate Studio, PT Imani Prima, PT LAPI Divusi, NoLimit Indonesia, Ngomik, dan ValueStream Internasional.