Berita / Utama

ITB Selenggarakan Wisuda Program Alih Jenjang Diploma IV Manajemen Laboratorium SMA

Akbar Syahid Rabbani - Minggu, 24 Maret 2013, 19:12:21
Bandung, itb.ac.id - Wisuda Program Alih Jenjang Diploma IV Manajemen Laboratorium Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diselenggarakan di Aula Timur ITB, pada hari Kamis (21/03/13), menjadi sebuah momentum besar perkembangan laboratoriumSMA  di seluruh Indonesia. Wisuda yang diselenggarakan secara mandiri oleh Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH ITB) ini, melantik 31 lulusan sebagai sarjana sains terapan.

Acara diawali dengan pembacaan laporan program oleh Koordinator Program Alih Jenjang Diploma IV, Dr. Sony Suhandono. Setelah itu para wisudawan dilantik dan dinyatakan sebagai Sarjana Sains Terapan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi dan berhak menjadi anggota Ikatan Alumni ITB. Selain mendapatkan gelar sarjana sains terapan, para wisudawan juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) kota Bandung, Dr. Sediono Abdullah.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi mengungkapkan bahwa kerjasama ini dilaksanakan atas tas permintaan P4TK IPA yang program utamanya adalah menyiapkan manajer laboratorium IPA Biologi untuk SMA di seluruh Indonesia. Selain itu, setelah para wisudawan menjalani berbagai kegiatan di ITB (perkuliahan dan laboratorium) serta on job training di berbagai SMA tempat bekerja, diharapkan diperoleh suatu hasil (outcome) yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas proses belajar di SMA sehingga menjadi lebih baik. Selain itu diharapkan juga para wisudawan dapat lebih berkontribusi dalam peningkatan standar keterampilan siswa dan ikut mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih baik untuk masuk ke dunia kerja.

Setelah sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil wisudawan. Dalam sambutannya, Darwati, S.St, S.Pd, M.Si, mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membimbing para wisudawan hingga mereka bisa menyelesaikan salah satu jenjang pendidikan mereka di ITB. Selain itu, Darwati menambahkan, bahwa dapat diwisuda di kampus ITB adalah salah satu impian dan juga kebanggaan bagi seluruh wisudawan.

Acara diakhiri dengan berfoto bersama, menikmati sajian yang diiringi musik gamelan dan kemudian berganti menjadi hiburan lagu persembahan dari panitia dan wisudawan. Semua pihak berharap bahwa para wisudawan dapat memanfaatkan dan menyebarkan ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh kepada murid-murid di sekolahnya masing-masing, dan kualitas pendidikan di Indonesia selalu semakin meningkat dan mampu menjawab tantangan di masa depan.