Berita / Utama

FSL Comlabs ITB: Peran Teknologi Informasi dalam Karir Keuangan

Shabrina Salsabila - Rabu, 20 Maret 2013, 22:38:13
BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka menghadirkan perkembangan-perkembangan teknologi informasi di dunia ke dalam kampus, Comlabs ITB yang berada dibawah naungan Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB kembali menyelenggarakan Free IT Saturday Lesson (FSL) pada Sabtu (16/03/13) di RPS Comlabs Institut Teknologi Bandung pukul 09.00-11.00 WIB. Seminar yang bertajuk Role of Information Technology in The Financial World ini membahas peran dunia teknologi informasi di dunia keuangan. Mulai dari karir di dunia keuangan, persiapan apa saja yang dibutuhkan, dan keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk karir tersebut.

FSL merupakan program rutin yang diselenggarakan dalam rangka sosialisasi perkembangan teknologi informasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan mencerdaskan masyarakat dalam bidang teknologi informasi. Materi yang disampaikan biasanya meliputi paparan tentang tren, update, perkembangan, sosialisasi, publikasi, short course, workshop, mini seminar, forum diskusi tentang ragam teknologi informasi dan pemanfaatannya di Indonesia. Peserta dari seminar ini tak hanya merupakan mahasiswa ITB saja tapi juga mahasiswa dari universitas-universitas yang ada di Bandung.

Pembicara yang pertama pada seminar ini adalah Yessy Lastyana, seorang Consumer Risk Analytics Modeling Officer PT. Bank OCBC NISP Tbk yang baru saja lulus dari Program Studi Matematika ITB tahun 2012 lalu. Pada sesi pertama ini Yessy berbagi mengenai pengalaman kerjanya dalam memodelkan analisis resiko. Untuk bekerja pada bidang ini penguasaan terhadap teknologi sangat dibutuhkan terutama dalam penguasaan software seperti SAS EG dan Microsoft Excel, selain itu juga softskill yang baik juga sangat dibutuhkan daam dunia kerja seperti team work, manajemen waktu, proaktif, dan interpersonal skill.

Sesi kedua diisi oleh Hermawan Budyanto, seorang Actuarial Executive. Pada sesi ini Hermawan menjelaskan mengenai profesi Aktuaris yang merupakan seorang profesional yang menganalisis konsekuensi keuangan dari sebuah resiko. Dalam mempelajari apa yang akan terjadi di masa depan aktuaris menggunakan ilmu matematika, statistik, dan teori keuangan.

Selanjutnya Risa Karmila menyampaikan pengalaman berkarirnya sebagai seorang Analyst Information Solution dari PT. Mercer Indonesia. Risa menyampaikan bahwa kebiasaan yang dimiliki saat masa kuliah akan sangat mempengaruhi kinerja seseorang saat berkarir oleh karena itu Risa menyampaikan kepada seluruh peserta untuk mulai mengubah kebiasaan buruk di masa kuliah agar memiliki performa yang baik saat bekerja. "Dunia tumbuh dengan sangat cepat, oleh karena itu sebagai manusia yang berada pada zaman ini kita harus selalu berkembang setiap harinya jangan merasa puas dengan apa yang kita capai sekarang," ujar Risa.