Berita / Utama

SPE-SC ITB Kembali Gelar Integrated Petroleum Week

Hafshah Najma Ashrawi - Selasa, 12 Maret 2013, 20:11:39

BANDUNG, itb. ac.id - Society of Petroleum Engineers - Student Chapter (SPE SC) ITB kembali menyelenggarakan Integrated Petroleum Week pada hari Jumat sampai dengan Sabtu (08-09/03/13). Berbeda dengan tahun lalu, Integrated Petroleum Week kali ini terdiri dari tiga komponen acara besar yaitu seminar, company days, dan kompetisi debat. Integrated Petroleum Week ini juga sukses menggaet lebih dari 1000 peserta.

Pada hari pertama, seminar digelar di Aula Timur ITB. Seminar bertajuk "A Step towards Energy Indepedence of Indonesia" ini turut menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten di bidang energi seperti Prof. Dr-Ing. Ir. Rudi Rubiandini R.S (Kepala SKK Migas); Prof. Ir. Doddy Abdassah, M.Sc., Ph.D (Professor of Reservoir Engineering, Teknik Perminyakan ITB); Dr. Salis S. Aprilian (Senior Vice President Gas & Power PT Pertamina Persero); Mr. Abdul Hamid Batubara (CEO Chevron Pacific Indonesia); dan Mr. Brian Patrick Bingham (Managing Director PT. Petro Bangun Engineering ; Presiden Direktur PT Boremaster Indonesia).

Selain itu, Company days pada Integrated Petroleum Week 2013 ini turut menghadirkan berbagai perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang minyak dan gas seperti SKK Migas, Schlumberger, Total E&P, Chevron, Weatherford, Pertamina, Conoco Philips, dan Halliburton. Hari Jumat Company Days diselenggarakan di CC Timur ITB dan menampilkan perusahaan Conoco Philips dan Weatherford, sedangkan keenam perusahaan lainnya menyusul pada hari Sabtu bertempat di Aula Timur ITB. Company Days pada Integrated Petroleum Week kali ini menampilkan company profile, career path-recuitment, dan sesi tanya jawab untuk masing masing perusahaan.

Ada juga kompetisi yang digelar pada Integrated Petroleum Week ini, yang memiliki daya tarik tersendiri. Kompetisi tersebut dibagi menjadi tiga cabang yaitu smart competition, kompetisi debat, dan paper competition. Smart competition dan debat ini digelar pada skala internasional sedangkan kompetisi paper digelar pada tingkat nasional.

"Semoga Integrated Petroleum Week tahun depan dapat mengundang lebih banyak narasumber perusahaan, dan tidak hanya teknik perminyakan yang mengadakan seminar terkait energi seperti ini namun juga berbagai program studi lain di ITB. Karena mahasiswa generasi sekarang yang harusnya mampu menjawab tantangan energi Indonesia dan dunia di masa depan," ujar Rendhi Prakoso (Teknik Perminyakan 2010) selaku Public Relation Integrated Petroleum Week 2013.