Berita / Utama

Tim Ganapati dari ITB Raih Runner-up dalam Danone Youth Social Entrepreneur 2013

Ria Ayu Pramudita - Kamis, 7 Maret 2013, 09:40:31
BANDUNG, itb.ac.id -- Tim Ganapati yang terdiri dari Dwinta Astiarini, Dibyanta Andika, Bayu Ramadhan (Bisnis dan Manajemen 2013), William Maha Putra (Teknik Mesin 2009), dan Vienda Fadilla Fahmy (Teknik Elektro 2010)  meraih juara 2 nasional dalam acara Country Final Danone Youth Social Entrepreneur (DYSE) 2013 yang diadakan di Balai Sudirman, Jakarta, pada Rabu (27/02/13). Dalam kompetisi yang diselemggarakan oleh Groupe Danone Indonesia ini, tim Ganapati berhasil menjadi salah satu dari 5 pemenang yang menyisihkan 23 semifinalis yang datang dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Ajang ini merupakan kegiatan kompetisi bisnis untuk mahasiswa yang diperkenalkan tahun 2013 dalam model pertama. Peserta datang dari 12 universitas berbeda, baik negeri maupun swasta dan sebagian besar di pulau Jawa," ujar Project Leader DYSE 2013, Kusuma Adisaputra. Kompetisi yang sebelumnya bernama Danone Trust ini kemudian dikonsep untuk mengedepankan bisnis sosial yang memberdayakan masyarakat sekaligus berorientasi laba dan diberi tajuk Danone Youth Social Entrepreneurship (DYSE).

Dalam DYSE 2013, tim Ganapati membawa ide untuk merangkul ibu rumah tangga Desa Ciwidey, Jawa Barat untuk mengolah stroberi jadi keripik dan gula-gula yang dilabeli merk 'BerryDay!'. Pada presentasi dalam tahap Country Final, tim Ganapati membawakan konsep role play di mana mereka bertindak sebagai tour guide dan para juri sebagai turis di Ciwidey. Flow presentasi dibuat dengan sangat dinamis dan ceria, di mana para juri diajak untuk ikut berpartisipasi dengan memakai topi turis selama presentasi dijalankan selama 10 menit.

Pada tahap awal DYSE 2013, terdapat 100 tim yang saling bersaing, yang kemudian terjaring menjadi 24 tim dari 12 universitas ternama di Indonesia yang lolos ke tahap nasional. Terdapat dua tim ITB yang lolos ke dalam babak ini, yaitu Ashvani dan Ganapati. Dalam tahap nasional ini, diputuskan 5 pemenang yang terdiri dari tim Bimasakti dari Universitas Padjajaran, Ganapati dari ITB, Soul'Darity dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetya Mulya, Drupadi dari Universitas Gadjah Mada, dan Majapahit dari Universitas Katolik Parahyangan. Bersama keempat pemenang lain, tim Ganapati mendapatkan dana 15 juta rupiah untuk menguji coba konsep bisnis berikut bantuan operasional kuliah hingga Desember 2013.

Selain itu, Kusuma juga memiliki harapan khusus dalam ajang ini, "Saya ingin ajang ini jadi titik tolak bagi mahasiswa pendatang yang jadi finalis DYSE 2013 agar termotivasi membangun daerah masing-masing," tandasnya sebagaimana dikutip oleh SWA online.

Sumber: SWA Online, Lensa Indonesia (situs 1, situs 2), dan SBM ITB