Berita / Institusi

Profil 18 Penerima Penghargaan ITB

Muhammad Hanif - Kamis, 5 Juli 2012, 08:23:15
BANDUNG, itb.ac.id - Pada peringatan 92 tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia yang dilaksanakan pada Selasa (03/07/12), ITB menganugerahkan penghargaan kepada 18 tokoh yang berperan besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) di Indonesia. Acara penganugerahan dilakukan di Aula Barat ITB dan disaksikan oleh Majelis Wali Amanat, Majelis Guru Besar, para tamu undangan, dan juga perwakilan mahasiswa.

Penghargaan Ganesha Prajamanggala Bakti Adiutama diberikan kepada Dr. (HC) Ir. Djoko Kirmanto, Dipl.HE karena telah menunjukkan jasa dan prestasi yang menonjol sebagai Menteri Pekerjaan Umum. Penghargaan yang sama juga dianugerahkan kepada Mantan Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan III A.R Soehoed. Soehoed yang lahir di Jakarta, 2 Maret 1920 ini juga pernah menjadi tentara pelajar pada masa penjajahan Jepang.

Ir. Budi Yuwono Prawirosudirjo, Dipl. SE dan Ir. H. Lex Laksamana mendapatkan penghargaan Ganesha Prajamanggala Bakti Utama atas jasa dan prestasinya pada sektor pemerintahan. Budi Yuwono saat ini menjabat sebagai Dirjen Cipta Karya pada Kementerian Pekerjaan Umum sedangkan Lex Laksamana menunjukkan kontribusinya sebagai Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Barat.

Tiga Tokoh Energi Dianugerahi Ganesa Wirya Jasa Utama

Ganesa Wirya Jasa Utama diberikan kepada pihak yang berjasa dan berprestasi dalam mendukung pengembangan institusi ITB. Erry Riyana Hardjapamekas yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini telah berjasa dalam membangun Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Selain itu penghargaan ini juga diberikan kepada Direktur Pertamina Ir. Karen Agustiawan dan Direktur Chevron Ir. Abdul Hamid Batubara yang telah berjasa mengembangkan sektor energi nasional.

Tokoh energi nasional yang juga mendapatkan penghargaan Wirya Jasa Utama adalah Ir. R. Prijono yang menjabat sebagai Kepala BP Migas. Selain itu tokoh industri nasional yang dianugrahi penghargaan ini yaitu Mantan Direktur Utama PT. Telkom Ir. Rinaldi Firmansyah, MBA yang berjasa memajukan industri telekomunikasi nasional dan juga Mantan Direktur Utama PT. Toyota Motor Asia Pacific Ir. I Made Dana M. Tangkas atas jasanya mengembangkan industri otomotif Indonesia.

Ir. Fazwar Bujang, MM, IPM atas jasanya dalam pengembangan industri baja nasional dan RJ. Lino atas jasanya dalam pengembangan kepelabuhan di Indonesia juga mendapatkan penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama. Fazwar pernah menjabat sebagai Direktur PT. Krakatau Steel. Sedangkan RJ. Lino menjabat sebagai Direktur PT. Pelabuhan Indonesia II.

Pak Raden dan Dekan University of Florida Diberi Penghargaan

Satu penghargaan Ganesa Wirya Jasa Adiutama diberikan kepada Dekan College of Design, Construction and Planning University of Florida Prof. Christopher Silver, Ph.D. atas jasanya di bidang perencanaan wilayah dan pengembangan kebijakan.

Dalam sidang terbuka ini juga diberika Penghargaan Ganesha Widya Jasa Utama kepada tokoh yang berperan dalam kegiatan pengembangan IPTEKS di tingkat nasional. Diantaranya F. Silaban; Dr. Martha Tilaar; Andi Wijaya, Apt, Ph.D.MBA.; Dra. Dian Wahdiani Syarief, Apt.; dan juga Drs. Suyadi (Pak Raden 'Si Unyil').