Berita / Utama

Kunjungan ITB Jatinangor: Mengenal Kampus Baru

Ramasha Shella Gustia - Jumat, 10 Juni 2011, 11:32:58

BANDUNG, itb.ac.id - Pembangunan ITB dengan konsep ITB multikampus yang sedang berlangsung saat ini tidak hanya menuntut kesiapan dari pihak internal ITB khususnya rektorat, tetapi juga kesiapan dari mahasiswa ITB sendiri. Untuk memperkenalkan keadaan kampus baru ITB kepada mahasiswa, pihak rektorat memberikan fasilitas berupa kunjungan bersama ke ITB Jatinangor setiap hari Sabtu pada pukul 08.30 WIB mulai dari Sabtu (21/05/11) hingga Sabtu (25/06/11) mendatang.

Kunjungan perdana ITB Jatinangor dilakukan pada Sabtu (21/05/11) yang lalu. Dua orang mahasiswa masing-masing dari Teknik Sipil dan Teknik Informatika ini berangkat bersama dengan Prof. Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc, Ph.D,dosen Teknik Sipil ITB merangkap ketua tim Pengembangan Multi Kampus di Jatinangor.

Rombongan kunjungan ITB Jatinangor berangkat tepat pukul 08.30 WIB dari kampus Jalan Ganeca. Setibanya di kampus ITB Jatinangor, rombongan disambut oleh perwakilan tim pengembangan ITB Jatinangor. Rombongan melakukan tur keliling area ITB Jatinangor sambil berbincang mengenai proses pengembangan ITB Jatinangor yang tengah berlangsung.

Kampus Baru Kita

Kampus ITB Jatinangor ini berdiri di atas area seluas kurang lebih 47 hektar, hampir dua kali luas kampus ITB Ganesha yang hanya sekitar 25 hektar. Sebelumnya area ini merupakan area kampus Universitas Winaya Mukti (UNWIM) yang kemudian dipercayakan oleh pemerintah untuk dikelola oleh ITB.

Area ini tidak sepenuhnya kosong. Terdapat beberapa gedung UNWIM seperti gedung rektorat, gedung serbaguna, gedung laboratorium teknik, gedung perpustakaan dan beberapa gedung perkuliahan yang masih berdiri kokoh. Saat ini ITB sudah melakukan beberapa perubahan (renovasi) pada gedung-gedung tertentu, seperti gedung rektorat dan satu gedung perkuliahan, serta pembangunan pos satpam. Gedung-gedung yang sudah ada nantinya akan direnovasi dan dimanfaatkan oleh ITB. Area yang masih berupa tanah kosong akan dibangun gedung laboratorium, asrama, dan gedung perkuliahan yang baru.

Area kampus ITB Jatinangor berbatasan langsung dengan area kampus Universitas Padjajaran (Unpad) dan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN). Kampus ITB Jatinangor ini nantinya akan dipergunakan untuk program studi baru yang akan dibuka oleh ITB. Rencananya kampus ITB Jatinangor akan siap beroperasi mulai tahu ajaran 2012/2013.